Pengaruh pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga dan prestasi belajar di sekolah terhadap tingkat mahir wacana ekonomi siswa (studi kasus pada siswa SMA Negeri 8 Malang) / Sulis Tianingsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga dan prestasi belajar di sekolah terhadap tingkat mahir wacana ekonomi siswa (studi kasus pada siswa SMA Negeri 8 Malang) / Sulis Tianingsih

Tianingsih, Sulis (2010) Pengaruh pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga dan prestasi belajar di sekolah terhadap tingkat mahir wacana ekonomi siswa (studi kasus pada siswa SMA Negeri 8 Malang) / Sulis Tianingsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengaruh Pendidikan Ekonomi di Lingkungan Keluarga Prestasi Belajar di Sekolah Mahir Wacana Ekonomi. Menyadari pentingnya pemahaman yang lebih mendasar mengenai aspek ekonomi membawa pada pentingnya pendidikan ekonomi untuk diberikan pada siswa sekolah menengah dengan tujuan agar siswa mampu berekonomi atau diistilahkan mahir wacana ekonomi (melek ekonomi). Tinjauan mahir wacana ekonomi bukan saja dari kemampuan kognitif siswa yang tercermin dari tingkat prestasi belajar di sekolah saja akan tetapi juga diperhitungkan dari tingkat pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga. Penelitian ini melihat pengaruh antara pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga dan prestasi belajar di sekolah terhadap tingkat mahir wacana ekonomi siswa (studi kasus pada siswa SMA Negeri 8 Malang) dengan tujuan (1) untuk mengetahui adanya pengaruh antara pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga terhadap tingkat mahir wacana ekonomi siswa SMA. (2) untuk mengetahui adanya pengaruh antara prestasi belajar di sekolah terhadap tingkat mahir wacana ekonomi siswa SMA. (3) untuk mengetahui pengaruh antara pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga dan prestasi belajar di sekolah terhadap tingkat mahir wacana ekonomi siswa SMA. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang dengan jumlah sampel sebesar populasi yaitu 70 siswa SMA. Analisis data menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Taraf signifikansi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5%. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh antara pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga terhadap tingkat mahir wacana ekonomi siswa SMA Negeri 8 Malang. (2) tidak terdapat pengaruh antara prestasi belajar di sekolah terhadap tingkat mahir wacana ekonomi siswa SMA Negeri 8 Malang. (3) terdapat pengaruh antara pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga dan prestasi belajar di sekolah terhadap tingkat mahir wacana ekonomi siswa SMA Negeri 8 Malang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga terhadap tingkat mahir wacana ekonomi siswa SMA Negeri 8 Malang. Sedangkan pada prestasi belajar di sekolah tidak berpengaruh terhadap tingkat mahir wacana ekonomi siswa SMA Negeri 8 Malang. Saran yang dapat dikemukakan adalah (1) bagi pihak sekolah SMA Negeri 8 Malang untuk terus berusaha meningkatkan tingkat mahir wacana ekonomi (melek ekonomi) peserta didik (2) bagi para siswa supaya terus berusaha meningkatkan tingkat mahir wacana ekonominya dan meningkatkan prestasi belajar di sekolah (3) bagi orang tua siswa untuk terus memberikan dan meningkatkan pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga secara intens.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38834

Actions (login required)

View Item View Item