Danuharja, Erik (2010) Perbandingan penerapan pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan NHT (Numbered Head Together) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada materi fungsi konsumsi, tabungan dan investasi bagi siswa kelas X SMA Laboratorium UM / E. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pembelajaran Kooperatif STAD (Student Teams Achievement Divisions) NHT (Numbered Heads Together) Aktivitas Belajar Prestasi Belajar Peranan guru merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Guru dituntut mampu secara profesional untuk mengelola kelas menciptakan dan mempertahankan kondisi belajar yang optimal bagi tercapainya tujuan pembelajan. Dengan adanya perubahan kurikulum yang telah dilakukan oleh pemerintah diharapkan pola pembelajaran tidak hanya terpaku pada guru saja namun siswa juga dituntut untuk aktif dalam pembelajaran agar hasil belajar yang diperoleh siswa juga dapat meningkat karena siswa menemukan jawabannya sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan antara (1) hasil belajar siswa antara model STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan NHT (Numbered Heads Together) pada materi fungsi konsumsi tabungan dan investasi (2) aktivitas belajar siswa antara model STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan NHT (Numbered Heads Together) pada materi pada materi fungsi konsumsi tabungan dan investasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Variabel penelitian ini antara lain STAD (Student Teams Achievement Divisions) (X1) NHT (Numbered Heads Together) (X2) aktivitas belajar (Y1) dan prestasi belajar (Y2). Populasi yang dipilih adalah adalah siswa kelas X SMA Laboratorium UM berjumlah 235 siswa. Dalam penelitian bertujuan untuk mencari manakah model pemebelajaran yang sesuai diantara kedua model pembelajaran di atas. Pengambilan sampel dengan menggunakan random sampling dan terplih kelas X-2 dan Kelas X-4 untuk menjadi subyek dalam penelitian dalam metode analisis data menggunakan uji rata-rata dua sampel bebas. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah observasi dan penggunaan tes evaluasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedan model secara signifikan antara model STAD dibandingkan dengan NHT yang ditunjukkan dengan analisis deskriptif yang menunjukkan nilai kelas dengan model STAD lebih tinggi 14 angka dan uji thitung sebesar 4 440 ttabel 2 026 (2) Terdapat perbedan model secara signifikan antara model STAD dibandingkan dengan NHT yang ditunjukkan dengan analisis deskriptif yang menunjukkan nilai kelas dengan model STAD lebih tinggi 4 4% dan uji thitung sebesar 3 775 ttabel 2 776. Disarankan agar (1) Guru mata pelajaran ekonomi SMA Laboratprium UM disarankan untuk lebih menekankan dalam menerapkan model STAD (Student Teams Achievement ii Division) dari pada metode pembelajaran model NHT (Numbered Heads Together) pada materi fungsi konsumsi tabungan dan investasi dikarenakan siswa dapat menunjukkan hasil dan aktivitas belajar yang lebih baik pada model pembelajaran STAD (2) Guru hendaknya memberi pengawasan penuh terhadap proses diskusi siswa agar proses belajar kelompok dapat benar-benar kooperatif (3)Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk menggunakan sampel penelitian yang berbeda hal tersebut bertujuan untuk memperoleh hasil yang dapat digunakan untuk menggeneralisasikan model pembelajaran keseluruh SMA Laboratorium UM.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Oct 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38823 |
Actions (login required)
View Item |