Handayani, Kristina Panca (2010) Perbedaan penerapan metode kooperatif model numbered heads together (NHT) dengan metode konvensional (Ceramah) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS mata pelajaran ekonomi pada bahasan neraca pembayaran di SMA Negeri 10 Malang / Kristina Panca Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Handayani Kristina Panca . 2010. Perbedaan Penerapan Metode Kooperatif Model Numbered Heads Together (NHT) dengan Metode Konvensional (Ceramah) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Mata Pelajaran Ekonomi Pada Bahasan Neraca Pembayaran di SMA Negeri 10 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agung Haryono S.E M.P (II) Dr. Nasikh S.E M.P M.Pd Kata Kunci Metode Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Metode Pembelajaran Konvensional (Ceramah) Hasil Belajar Siswa Dalam menghadapi era globalisasi yang diiringi dengan perkembangan IPTEK yang sangat pesat maka seseorang dituntut untuk mampu memanfaatkan informasi dengan baik dan cepat. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pendidikan nasional khususnya untuk memacu penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah melalui penyempurnaan proses belajar mengajar. Kualitas keberhasilan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan ketepatan guru dalam memilih dan menggunakan metode pembelajaran. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi persoalan tersebut adalah perlu adanya perubahan pembelajaran yang berorientasi pada guru (teacher-centered) menjadi pembelajaran berorientasi pada siswa (student-centered). Metode pembelajaran yang dapat melibatkan peran aktif siswa dalam memaksimalkan kondisi belajar adalah pembelajaran kooperatif (cooperative learning). Metode pembelajaran yang diterapkan di SMA Negeri 10 Malang masih menggunakan metode pembelajaran konvensional (ceramah). Hal tersebut menyebabkan siswa cenderung pasif merasa bosan dan cenderung meremehkan guru dengan ramai sendiri bersama teman sebangkunya. Maka dari itu peneliti akan mencoba menerapkan metode pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa dari penerapan metode pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa dari penerapan metode pembelajaran konvensional (ceramah ) (3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dari penerapan metode pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) dengan siswa dari penerapan metode pembelajaran konvensional (ceramah) mata pelajaran ekonomi pada bahasan neraca pembayaran kelas XI IPS SMA Negeri 10 Malang. Untuk mencapai tujuan tersebut maka jenis penilitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan membagi 2 kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang mendapatkan penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) sedangkan kelas kontrol kelas yang mendapatkan penerapan pembelajaran konvensional (ceramah). Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design dengan pre tes dan pos tes serta membagi sasaran penelitian menjadi 2 kelompok sampel yaitu kelas eksperimen (XI IPS 1) dan kelas kontrol (XI IPS 3) dengan cara purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis hipotesis yang dirumuskan dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dari penerapan metode kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) dengan metode konvensional (ceramah) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 10 Malang . Atau dengan kata lain bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menerapkan metode pembelajaran konvensional (ceramah) dengan nilai probabilitas (signifikansi) adalah 0 043ttabel 1 990. Nilai rata-rata gain score untuk kelas eksperimen adalah 25 60 dan kelas kontrol adalah 19 25 sehingga terdapat perbedaan nilai rata-rata gain score antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 6 35. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti mengajukan saran (1) bagi sekolah hasil penelitian ini dapat memberikan informasi tentang pembelajaraan kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) sebagai alternative metode pembelajaran di sekolah (2) bagi guru mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 10 Malang khususnya dan seluruh guru mata pelajaran ekonomi umumnya disarankan untuk mencoba menerapkan metode pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) sebagai salah satu alternatif pembelajaran di kelas dan dalam proses pembelajaran dengan model Numbered Heads Together (NHT) (3) bagi siswa dapat meningkatkan hasil belajarnya dengan memilih metode belajar yang menjadikan siswa lebih aktif dan siswa perlu memperkaya ilmu dan pengetahuan melalui berbagai sumber belajar lain selain guru untuk mendukung kegiatan belajar di dalam kelas (4) bagi peneliti lanjutan disarankan untuk meneliti dan membandingkan beberapa metode yang dikenal selama ini sehingga guru dapat memilih metode pembelajaran yang tepat yang dapat meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Aug 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38800 |
Actions (login required)
View Item |