Analisis tingkat kualitas layanan registrasi administrasi di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Atanasius Cahyadi Ngelon - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis tingkat kualitas layanan registrasi administrasi di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Atanasius Cahyadi Ngelon

Ngelon, Atanasius Cahyadi (2018) Analisis tingkat kualitas layanan registrasi administrasi di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Atanasius Cahyadi Ngelon. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ngelon Atanasius Cahyadi. 2017. Analisis Tingkat Kualitas Layanan Registrasi Administrasi di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. H. Burhanudin M.Ed. Ph.D (2) Wildan Zulkarnain S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Kualitas Layanan Layanan Registrasi Administrasi Kualitas adalah salah satu konsep yang sulit untuk didefinisikan sehingga ditemukan adanya berbagai definisi yang berbeda oleh para pakar. Kualitas jasa merupakan kemampuan suatu jasa organisasi dalam memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen (mahasiswa). Kualitas pelayanan dapat didefinisikan sebagai seberapa jauh perbedaan antara kenyataan dan harapan para pelanggan atas layanan yang diterima. Kualitas pelayanan dapat diketahui dengan cara membandingkan persepsi para pelanggan atas layanan yang benar-benar mereka terima. Kualitas layanan adalah model yang menggambarkan kondisi pelanggan dalam bentuk harapan akan layanan dari pengalaman masa lalu promosi dari mulut ke mulut dan iklan dengan membandingkan pelayanan yang mereka harapkan dengan apa yang mereka terima/rasakan. Terdapat beberapa dimensi pokok yang menjadi faktor utama yang menentukan kualitas pelayanan jasa yaitu (1) Reliability (kehandalan) (2) Responsivness (Daya tanggap) (3) Assurance (Jaminan) (4) Empathy (Empati) (5) Tangible (Bukti langsung). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan seberapa tinggi tingkat kualitas layanan registrasi administrasi di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Berdasarkan tujuannya penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif eksploratori. Proses pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket yang melibatkan tahap pengukuran (measurement) dan analisis data. Populasi penelitian ini mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang dari angkatan tahun 2013 sampai 2016. Pemilihan anggota sampel sejumlah 354 mahasiswa menggunakan teknik random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang terdiri dari 40 butir pertanyaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah descriptive statistical analysis dengan bantuan SPSS (Statistical Product and Service Solution) for Windows Version 16.00 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan registrasi administrasi di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang berada pada tingkat kriteria tinggi. Hasil analisis menunjukkan 14 97% mahasiswa memilih kategori sangat tinggi terhadap kualitas layanan akademik 75 14% mahasiswa memilih kategori tinggi 9 60% mahasiswa memilih kategori sedang 10 28% mahasiswa memilih kategori rendah dan tidak ada yang memilih kategori sangat rendah. Selain itu hasil pengujian dari setiap variabel juga membuktikan kualitas layanan registrasi administrasi di FIP UM berada pada tingkat kriteria tinggi.ii Saran yang dapat diberikan yaitu (1) bagi Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan penelitian ini diharapkan bisa menjadi gambaran tingkat kualitas kinerja staf akademik Fakultas Ilmu Pendidikan sekaligus menjadi masukan atau tolak ukur bagi pimpinan dalam melakukan proses pengawasan dan evaluasi bidang yang terkait dalam rangka menigkatkan mutu atau kualitas layanan registrasi administrasi di FIP UM (2) bagi staf akademik FIP dalam meningkatkan kualitas kinerjanya agar sesuai dengan standar kualitas yang diinginkan dengan mengutamakan mutu layanan serta mampu melakukan evalusi terhadap layanan akademik yang diberikan (3) bagi peneliti lain diharapkan dapat menjadi sumbangan pikiran atau bahan rujukan dalam mengembangkan dan melakukan penelitian dengan topik yang terkait. Peneliti lain juga disarankan untuk melakukan penelitian dengan menghubungkannya dengan variabel lain sehingga mendapat hasil yang lebih komprehensif (4) bagi mahasiswa penelitian ini diharapkan berguna sebagai media untuk penyampaian dan bentuk evaluasi terhadap layanan registrasi administrasi di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3876

Actions (login required)

View Item View Item