Astha, Restina Dwi (2010) Persepsi siswa tentang pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi do SMA negeri 2 Nganjuk / Restina Dwi Astha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Astha Dwi Restina. 2010. Persepsi Siswa Tentang Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII SMA Negeri 2 Nganjuk. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan S1 Pendidikan Ekonomi. Fakultas EkonomiUniversitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nasikh S.E M.P. M.Pd (II) Drs. Prih Hardinto. M.Si Kata Kunci Pengelolaan Kelas Prestasi Belajar Pendidikan merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting dalam kehidupan manusia itu sendiri karena pendidikan dapat membentuk pribadi manusia seutuhnya dan berlangsung seumur hidup. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal dalam masyarakat mempunyai peranan sangat penting yaitu ikut serta dalam membentuk manusia seutuhnya baik secara pribadi moral sosial dan segala eksistensinya. Disini guru perlu mendapat prioritas karena berperan sebagai pengelola dalam suatu proses pembelajaran di kelas. Pengelolaan kelas merupakan tindakan guru untuk menciptakan membantu pembentukan tingkah laku siswa dan mempertahankan kondisi belajar yang optimal agar tercipta kelas yang kondusif nyaman dalam proses pembelajaran. Pengelolaan kelas berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah. (1) Bagaimanakah pengelolaan kelas di SMA Negeri 2 Nganjuk pada mata pelajaran ekonomi serta prestasi belajarnya. (2) Bagaimanakah pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 2 Nganjuk pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah. (1) Untuk mengetahui pengelolaan kelas di SMA Negeri 2 Nganjuk pada mata pelajaran ekonomi serta prestasi belajarnya. (2) untuk menganalisis pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 2 Nganjuk pada mata pelajaran ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dimana dengan metode ini dapat diketahui fakta dan masalah yang terjadi serta pengaruh dari suatu fenomena. Data penelitian ini berupa angket yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan variabel pengelolaan kelas beserta dokumentasi dari nilai ujian tengah semester. Sampel yang digunakan adalah responden yang diperoleh dari 4 kelas XII IPS di SMA Negeri 2 Nganjuk. Analisis dilakukan dengan menggunkan model analisis regresi linier sederhana dan dilanjutkan dengan adanya pengujian hipotesis yang terjadai dari uji normalitas dan uji t. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 128 siswa kelas XII IPS SMA Negeri 2 Nganjuk dan diambil sebanyak Proportional Random Sampling sebanyak 20% yaitu sebanyak 28 siswa untuk sampel. Teknik memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan angket atau kuesioner dan dokumentasi. Selanjutnya data yang telah terkumpul diolah dan dianalisis menggunakan metode regresi linier sederhana dengan bantuan komputer SPSS For Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengelolaan kelas guru ekonomi adalah baik. Hal ini ditunjukkan dengan tiga pendekatan (1) pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru ekonomi dengan menggunkan pendekatan perubahan tingkah laku adalah baik yaitu sebesar 57.14% (2) pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru ekonomi dengan menggunkan pendekatan sosio4 emosional adalah 35.71 % (3) sedangkan pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru ekonomi dengan menggunkan pendekatan proses kelompok adalah 60.71%. dan besarnya tingkat prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dapat disimpulkan baik yaitu sebesar 35.71% siswa tuntas dan berpredikat sangat baik sebesar 25% siswa tuntas dan berpredikat baik dan sebasar 28.57% siswa tuntas dan memiliki prestasi belajar yang cukup dalam pelajaran ekonomi. Baiknya prestasi belajar siswa tersebut disebabkan karena dipengaruhi oleh pengelolaan kelas yang dilakukan guru dalam mengajar. (4) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaraan ekonomi. Hal ini ditunjukkan oleh hasil pengujian hipotesis dengan menggunkan regresi yaitu nilai thitung 15.156 t tabel 2.055 dan signifikansi (0.000) 0.05 jadi H0 ditolak dan H1 diterima. Pengelolaan yang baik akan mendorong terciptanya prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi yang lebih baik karena dalam pengelolaan kelas itulah akan meningkatkan motivasi siswa untuk lebih meningkatkan belajarnya sehingga prestasi belajar siswa juga akan meningkat. Saran-saran yang diberikan dari penelitian ini adalah melakukan penelitian serupa untuk menyempurnakan kekurangan-kekurangan yang ada pada penelitian ini dan diharapkan dapat memasukkan variabel yang lain atau dengan populasi dan sampel yang berbeda misalnya faktor lingkungan maupun kehidupan sosial ekonomi serta sarana dan prasaran sahingga hasilnya lebih reliabel dan dapat memperkuat teori dan penemuan yang ada sebelumnya. Bagi guru ekonomi hendaknya dapat menggunakan pendekatan-pendekatan peneglolaan kelas dengan baik sehingga dapat mendorong minat serta motivasi belajar dan berpengaruh terhadap proses belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38753 |
Actions (login required)
View Item |