Isnaningtyas, Mila (2010) Penerapan model pembelajaran learning cycle (Siklus belajar) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPS-Ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Malang / Mila Isnaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Isnaningtyas Mila. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle (Siklus Belajar) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS-Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universiras Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Lisa Rokhmani M.Si (II) Dr. Nasikh S.E. M.P M.Pd Kata kunci Model Pembelajaran Learning Cycle (Siklus Belajar) Aktivitas Belajar Siswa Hasil Belajar Siswa Seiring dengan berjalannya waktu dan proses perubahan yang cepat dalam lingkungan pendidikan maka hal tersebut juga berdampak pada perubahan kurikulum pendidikan saat ini yaitu dengan diterapkannya kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada sekolah-sekolah sebagai penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya yang cenderung teacher-oriented dari pada student-oriented dalam proses belajar mengajar. Untuk mengetahui tuntutan dan target dari kurikulum tersebut maka diperlukan strategi atau model pembelajaran yang menyenangkan dalam upaya meningkatkan pola pikir peserta didik serta potensi siswa agar berhasil dalam proses belajar mengajar. Untuk mencapai keberhasilan dalam proses belajar mengajar yang diharapkan upaya atau usaha yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan cara memperhatikan siswa menguasai materi pelajaran dan memilih metode pembelajaran yang tepat dengan adanya penggunaan metode yang tepat proses belajar mengajar dapat memperoleh hasil yang memuaskan dan dapat mencapai tujuan pembelajaran selain itu baik murid maupun guru harus memiliki sikap kemampuan dan keterampilan yang mendukung proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) men-deskripsikan penerapan model Learning Cycle dalam pembelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Malang (2) meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Malang setelah penerapan model Learning Cycle dalam pembelajara ekonomi (3) meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Nege-ri 18 Malang setelah penerapan model Learning Cycle dalam pembelajaran eko-nomi (4) mengetahui persepsi siwa kelas VIII SMP Negeri 18 Malang terhadap penerapan model Learning Cycle dalam pembelajaran ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif den-gan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dengan pokok bahasan Kebutuhan Manusia dan Kelangkaan Sumber Daya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMPN 18 Malang yang berjum-lah 40 siswa selanjutnya siswa tersebut dibagi ke dalam 5 kelompok heterogen. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara tes angket cata-tan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi kegiatan pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penari-kan kesimpulan. Hasil penelitian menunukkan bahwa presentase keterlaksanaan pembela-jaran model Learning Cycle yang dilakukan oleh guru pada siklus I sebesar 83 33% dan pada siklus II sebesar 100%. Dengan demikian terjadi peningkatan keterlaksanaan pembelajaran dari siklus I ke siklus II sebesar 16 67%. Untuk vari-abel aktivitas belajar siswa diketahui terjadi peningkatan aktivitas dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I keaktifan siswa bertanya sebesar 46 67% dan meningkat pada siklus II sebesar 70% keaktifan siswa merespon pertanyaan pada siklus I sebesar 49 58% dan meningkat pada siklus II sebesar 73 75% kemampuan siswa bekerja dalam kelompok meningkat dari 82 08% pada siklus I menjadi 91 35% pada siklus II ketepatan dalam menyelesaikan tugas juga meningkat dari siklus I sebesar 88 75% menjadi 93 75% pada siklus II. Hasil belajar siswa juga men-galami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 73 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 7 19% sehingga nilai rata-rata hasil belajar paad siklus II sebesar 78 25. Selain itu berdasarkan angket yang telah dijawab siswa dapat diketahui bahwa respon siswa terhadap penerapan model Learning Cycle adalah positif ini ditunjukkan dari skor perhitungan angket respon siswa yang diperoleh sebesar 82 5%. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan aktivitas dan hasil bela-jar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII A SMP Negeri 18 Malang. Sis-wa kelas VIII A memberikan respon yang positif terhadap penerapan model Learning Cycle pada mata pelajaran ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan beberapa hal (1) model pembelajaran Learning Cycle dapat di-jadikan salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk me-ningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (2) pe-nerapan model pembelajaran Learning Cycle hendaknya dilakukan secara ber-tahap sesuai dengan fase-fase yang terdapat dalam pembelajaran Learning Cycle (3) bagi peneliti selanjutnya sebaiknya penelitian ini dilaksanakan lebih dari dua siklus sehingga hasil penelitian yang diperoleh lebih maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38747 |
Actions (login required)
View Item |