Susanti, Triana (2013) Peningkatan kemampuan bahasa anak menggunakan media pembelajaran boneka jari di TK Pertiwi Jegu 01 Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar / Triana Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Peningkatan Kemampuan Bahasa Boneka Jari Masa anak usia TK merupakan masa emas (Golden Age) yang harus mendapatkan pendidikan yang tepat. Upaya yang dilakukan dengan memunculkan keanekaragaman media pembelajaran yang mendukung pembelajaran namun tidak semua media sesuai dengan karakteristik anak terutama anak TK. Hal ini perlu diperhatikan terutama dalam perkembangan bahasa sebagai salah satu pondasi awal anak untuk memahami lingkungan. Di TK Pertiwi Jegu 01 peningkatan bahasa belum dapat berkembang secara signifikan. Melihat hal tersebut Boneka Jari dipandang tepat untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penggunaaan media boneka jari untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak kelompok B (2) mendeskripsikan bahwa media boneka jari dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak dan (3) faktor-faktor yang perlu diperhatikan agar penggunaan boneka jari dapat lebih meningkatkan pengembangan bahasa anak kelompok B di TK Pertiwi Jegu 1 Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model (PTK) Penelitian Tindakan kelas melalui tiga siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian anak didik kelompok B di TK Pertiwi jegu 1 Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar dengan jumlah peserta didik 11 anak. Alat Pengumpulan data terdiri dari observasi dokumentasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah (1) lembar observasi aktivitas guru (2) lembar observasi aktivitas anak dalam cerita menggunakan boneka jari (3) lembar observasi hasil peningkatan kemampuan bahasa anak (4) lembar observasi media pembelajaran boneka jari. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan bahasa anak terbukti pada siklus I prosentase anak tuntas mencapai 64 % dan prosentase anak tuntas meningkat 82 % pada siklus II serta pada siklus III terjadi peningkatan 91 %. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah penggunaan media boneka jari dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak melalui tiga tahap antar lain 1) Kegiatan awal 2) inti dan akhir. Dalam pelaksanaannya ada beberapa faktor yang mempengaruhi antara lain 1) usia 2) lingkungan 3) kecerdasan dan 4) ekonomi. Saran yang dapat diberikan dari peneliti ini adalah 1) Guru kelas B dapat menggunakan media boneka jari untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak 2) Seorang guru hendaknya mampu untuk melakukan inovasi terhadap media pembelajaran 3) Peneliti selanjutnya untuk menggunakan media boneka jari dengan metode yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/387 |
Actions (login required)
View Item |