Iswahyudi, Dwi (2010) Pengaruh pembelajaran kooperatif model simulasi dan problem solving terhadap peningkatan daya serap siswa pada mata pelajaran kelas VIII SMPN 21 malang / Dwi Iswahyudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Iswahyudi Dwi. 2009 Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Simulasi Dan Problem Solving Terhadap Peningkatan Daya Serap Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII SMPN 21 Malang. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I). Dr. Hari Wahyono M.Pd . (II). Agus Sumanto SE M.SA Kata kunci Pembelajaran model simulasi Pembelajaran model problem solving Ekonomi Daya serap. Pembelajan Simulasi adalah pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencoba menggali potensi diri dengan cara melibatkan siswa kedalam suatu masalah. Pembelajaran Problem Solving adalah pembelajaran yang memunculkan permasalahan serta siswa diharapkan dapat mencari penyelesaiannya sendiri Daya serap siswa adalah kemampuan menyerap suatu konsep atau materi pelajaran yang disampaikan oleh pendidik dengan kesadaran memanfaatkan daya guna dalam menjalankan pemahaman atas pelaksanaan yang sejalan dengan tuntutan perubahan. Penerapan pembelajaran kooperatif model simulasi pada siswa kelas VIII di SMPN 21 Malang lebih tepat digunakan pada materi pasar dari pada penerapan pembelajaran kooperatif model problem solving. Berdasarkan kesimpulan diatas ada beberapa saran yang dikemukakan penulis adalah sebagai berikut (1)Guru mata pelajaran ekonomi SMPN 21 Malang disarankan untuk mencoba menerapkan pembelajaran kooperatif model simulasi pada materi pasar dikarenakan siswa memberikan respon positif terhadap penerapan pembelajaran kooperatif model simulasi. (2)Guru mata pelajaran ekonomi SMPN 21 Malang diharapkan dalam menerapkan pembelajaran kooperatif model simulasi menggunakan variasi rekreasi sehingga siswa lebih santai tanggap dan aktif dalam kegiatan pembelajaran. (3)Guru mata pelajaran ekonomi SMPN 21 Malang disarankan untuk sering memberikan tugas sehingga dapat meningkatkan kerajinan dan kedisiplinan siswa dalam menyelesaikan tugas yang nantinya dapat mendukung potensi dan bakat siswa. (4)Dalam menerapkan pembelajaran kooperatif model simulasi guru perlu mengatur waktu mempersiapkan rencana kegiatan dan media yang tepat sehingga kegiatan pembelajaran yang dilakukan dapat berlangsung secara optimal dan efesien
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38696 |
Actions (login required)
View Item |