Putri, Nova Revita (2017) Analisis tindak indisipliner siswa SMP negeri di Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang / Nova Revita Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Putri Nova Revita. 2017. Analisis Tindak Indisipliner Siswa SMP Negeri di Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin M.Pd. (II) Dr. Juharyanto M.Pd. Kata Kunci tindak indisipliner pelanggaran siswa SMP Negeri Arti disiplin sesungguhnya adalah proses melatih pikiran dan karakter anak secara bertahap sehingga menjadi seseorang yang memiliki kontrol diri dan berguna bagi masyarakat (Ariesandi 2008 230-231). Sekolah berusaha mewujudkan upaya mencapai tingkat kedewasaan yang optimal bagi siswa dengan jalan melaksanakan program-program pengajaran yang telah disesuaikan secara terstruktur berdasarkan tujuan kurikuler yang ada. Tetapi dalam pelaksanaannya siswa terkadang tidak menerapkannya dengan baik dikarenakan kedisiplinan yang memudar oleh perkembangan zaman yang ada. Perilaku indisipliner siswa yang semakin hari semakin meningkat perlu dianalisis agar para pendidik dapat mengatasi perilaku tersebut dikarenakan sangat berdampak pada kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tindak indisipliner siswa pada setiap SMP Negeri di Kecamatan Tempeh. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui presentase tindak indisipliner siswa SMP Negeri di Kecamatan Tempeh (2) mengidentifikasi macam-macam tindak indisipliner siswa SMP Negeri di Kecamatan Tempeh dan (3) mengetahui penyebab tindak indisipliner siswa SMP Negeri di Kecamatan Tempeh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan variabel tindak indisipliner siswa. Populasi penelitian di tiga sekolah yaitu SMPN 1 Tempeh SMPN 2 Tempeh dan SMPN 3 Tempeh dengan total 1743 siswa. Jumlah sampel 325 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan formula Slovin dengan instrumen penelitian dengan menggunakan kuesioner tertutup dan kuesioner terbuka. Teknik analisis yang dipilih ialah deskriptif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS 16.00 for windows. Kesimpulan penelitian ini yaitu (1) tingkat tindak indisipliner siswa SMP Negeri di kecamatan Tempeh tergolong tinggi macam-macam tindak indisipliner yaitu saat membolos sekolah siswa bermain dengan teman di lingkungannya saat membolos kelas siswa cenderung berada di kantin/ kafetaria sekolah siswa berseragam tidak lengkap saat bersekolah siswa merokok di parkiran luar sekolah siswa berlaku tidak sopan kepada teman sekolahnya siswa sering mencela atau mengejek siswa bermain telepon genggam (handphone) saat pelajaran berlangsung serta siswa membalas ketika ada orang lain yang mengganggunya yang memicu pada pembalasan dendam dan (3) penyebab tindak indisipliner siswa SMP Negeri di Kecamatan Tempeh adalah faktor internal yaitu membolos sekolah karena malas membolos kelas karena belum mengerjakan PR terlambat masuk kelas karena masih makan di kantin/ cafetaria sekolah tidak mengerjakan tugas sekolah karena tidak belajar tidak memakai atribut berseragam lengkap dikarenakan lupa dan berlaku tidak sopan karena tidak disengaja sedangkan faktor eksternal yaitu terlambat berangkat sekolah karenaii menunggu teman untuk berangkat bersama terlambat masuk kelas karena masih makan di kantin/cafetaria sekolah tidak mencatat materi pelajaran dengan lengkap dikarenakan guru yang terlalu cepat dalam menulis di papan tulis sehingga siswa tertinggal materi pelajaran merokok karena terpengaruh teman dan gaduh saat pelajaran karena diganggu oleh teman di kelas. Berdasarkan hasil tersebut maka saran yang dapat diberikan oleh peneliti antara lain bagi (1) Kepala SMP Negeri di Kecamatan Tempeh diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan evaluasi untuk meningkatkan disiplin sekolah dengan memperbaharui tata tertib di sekolah agar pembelajaran di sekolah semakin efektif dan efisien (2) guru SMP Negeri di Kecamatan Tempeh diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan evaluasi untuk program pengajaran akhlak mulia dan disiplin agar pembelajaran di kelas dapat berjalan lancar dan dapat menghambat faktor-faktor penyebab pelanggaran disiplin (3) mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan mahasiswa jurusan Administrasi Pendidikan dapat menjadikan sebagai bahan rujukan dalam proses perkuliahan dan sebagai bahan rujukan dalam kegiatan penelitian selanjutnya dan (4) peneliti lain yang berminat dan tertarik untuk penelitian serupa diharapkan dapat mengkaji lebih lengkap mampu menyempurnakan penelitian ini dan dapat mengembangkan hasil penelitian ini dengan menambahkan variabel lain yang belum diteliti antara lain disiplin siswa dan motivasi siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Nov 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3863 |
Actions (login required)
View Item |