Lestari, Anita Budi (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Malang / Anita Budi Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Lestari Anita Budi. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model STAD dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas X pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 5 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sapir S.Sos M.Si (II) Hadi Sumarsono S.T M.Si Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Model STAD Hasil belajar. Model pembelajaran merupakan unsur terpenting yang mendukung tercapainya suatu tujuan yang telah ditetapkan dalam proses belajar mengajar. Melalui model pembelajaran seorang guru dapat merancang dan mengarahkan proses pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Oleh karena itu guru harus peka dan mampu memilih serta menentukan model pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk lebih aktif dalam proses belajar agar tercapai hasil belajar yang optimal. Berdasarkan hasil observasi awal yang penulis lakukan di SMA Negeri 5 Malang diketahui bahwa model pembelajaran yang sering digunakan guru ekonomi adalah diskusi kelompok kecil ceramah dan pemberian tugas. Model pembelajaran ini menekankan peran guru yang lebih dominan dibandingkan siswa selama proses belajar sehingga siswa cenderung pasif dan jenuh dalam belajar. Hal ini selanjutnya akan menyebabkan kurang optimalnya hasil belajar siswa. Melihat kondisi tersebut hendaknya guru menerapkan model pembelajaran yang lebih variatif dan menuntut keterlibatan siswa secara aktif dalam proses belajar untuk meningkatkan hasil belajarnya. Strategi pembelajaran yang menuntut keterlibatan siswa secara aktif dalam proses belajar adalah pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif bertujuan untuk menumbuhkan kemampuan bekerjasama kreatif dan berpikir kritis serta ada kemauan membantu teman dalam hal belajar. Salah satu model dalam pembelajaran kooperatif adalah STAD (Student Team Achievement Divisions). Dalam model STAD siswa dibagi dalam beberapa kelompok yang heterogen berdasarkan tingkat kemampuan dan jenis kelamin ras serta agama bila memungkinkan. Dalam setiap kelompok terdiri dari 4-5 anggota. Setiap anggota dalam kelompok diharapkan dapat bekerjasama dan saling membelajarkan dalam hal penguasaan materi dan diskusi kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model STAD pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 5 Malang kelas X.3 pada akhir semester gasal tahun ajaran 2008/2009. Jumlah siswa sebanyak 38 siswa yang terdiri 12 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu pada bulan Desember 2008. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif dengan model STAD mengalami peningkatan yaitu sebesar 13 9% dari 73 97% pada siklus I (pertemuan 1 dan pertemuan 2) menjadi 87 87% pada siklus II (pertemuan 1 dan pertemuan 2). Adapun hasil belajar siswa setelah menggunakan model STAD pada siklus I mengalami peningkatan dari rata-rata kemampuan awal sebelum pembelajaran dengan model STAD sebesar 68 55 menjadi 74 34. Setelah melalui pembelajaran dengan model STAD dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 60 52%. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari rata-rata kemampuan awal sebelum pembelajaran dengan model STAD sebesar 74 60 menjadi 86 05. Setelah menggunakan model STAD dengan ketuntasan belajar klasikal yaitu 94 73%. Perbandingan hasil belajar dan ketuntasan belajar antara siklus I dan siklus II adalah sebagai berikut (1) nilai rata-rata pre-test siswa meningkat dari 28 94% pada siklus I menjadi 65 78% pada siklus II (2) nilai rata-rata post-test siswa meningkat dari 60 52% pada siklus I menjadi 94 73% pada siklus II (3) ketuntasan belajar klasikal pada pre-test mengalami peningkatan dari 28 94% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 11 siswa pada siklus I menjadi 65 78% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa pada siklus II dan (4) ketuntasan belajar klasikal pada post-test mengalami peningkatan dari 60 52% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa pada siklus I menjadi 94 73% dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 36 siswa pada siklus II. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif dengan model STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran. Berdasarkan analisis angket siswa dapat diketahui 32 98% siswa sangat setuju dan 43 85% siswa setuju terhadap penerapan pembelajaran kooperatif model STAD alasannya antara lain siswa bersemangat jika belajar berkelompok dan dapat meningkatkan semangat dalam belajar meningkatkan kerjasama dan keaktifan siswa dapat membangun hubungan yang lebih baik diantara teman serta meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ada beberapa saran yang dikemukakan yaitu (1) bagi guru mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Malang pada khususnya dan guru ekonomi sekolah lain disarankan untuk menerapkan pembelajaran kooperatif dengan model STAD sebagai salah satu alternatif pembelajaran di dalam kelas karena hasil penelitian ini telah membuktikan bahwa pembelajaran kooperatif dengan model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (2) bagi guru ekonomi disarankan pada saat menerapkan pembelajaran kooperatif model STAD hendaknya disesuaikan dengan materi yang diajarkan dan lingkungan belajar siswa serta ketersediaan waktu yang cukup.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38628 |
Actions (login required)
View Item |