Septiantoro, Arief Dwi (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model student teams achievement divisions (Stad) dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Malang / Arief Dwi Septiantoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Strategi pembelajaran yang menuntut keterlibatan siswa secara aktif dalam proses belajar mengajar adalah pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif merupakan salah satu metode yang dapat digunakan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2004. Pembelajaran kooperatif bertujuan untuk menumbuhkan kemampuan bekerjasama kreatif dan berfikir kritis serta ada kemauan membantu teman dalam hal belajar. Salah satunya metode dalam pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams Achievement Divisions). Dalam metode STAD siswa dibagi dalam beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 4-5 anggota. Setiap anggota kelompok diharapkan dapat bekerjasama dan saling membelajarkan dalam hal penguasaan materi dan diskusi kelompok. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengunakan pendekatan kualitatif. Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian maka dilakukan pengembangan instrument penelitian. Instrumen yang digunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) Format observasi keterlaksanaan pembelajaran model STAD Soal pre test dan post test serta dokumen data. Pengambilan data dilaksanakan dengan observasi angkaet dan tes tertulis. Penelitian dilaksanakan dikelas VIII-H SMP Negeri 10 Malang dengan jumlah siswa 42 orang dengan materi pokok Pasar. Penelitian dilakukan pada tanggal 23 Desember 2008 sampai dengan 31 Desember 2008. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa aspek kognitif afektif dan psikomotorik. Hasil belajar aspek kognitif pada siklus I menunjukkan persentase nilai rata-rata nilai kelas sebesar 55 71% pada kegiatan pre tes dan meningkat menjadi 69 97% pada saat pos tes. Sedangkan ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 26 20% pada kegiatan pre tes dan meningkat sebesar 73 80% pada saat pos tes. Sehingga kelas VIII-H SMP Negeri 10 Malang pada siklus I belum tuntas belajarnya kerena ketuntasan belajar secara klasikal belum mencapai 80%. Pada siklus II persentase rata-rata nilai kelas pada saat pre tes sebesar 51 59% meningkat menjadi 68 11% pada saat pos tes. Sedangkan ketuntasan belajar klasikal sebesar 30 95% pada pre tes meningkat menjadi 85 57% pada saat pos tes. Sehingga pada siklus II kelas VIII-H SMP Negeri 10 Malang dapat dinyatakan telah tuntas belajarnya dan bisa disimpulkan bahwa ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil Belajar aspek afektif menunjukkan persentase rata-rata nilai afektif pada siklus I sebesar 72% dan mengalami peningkatan sebesar 90 25% pada siklus II. Sedangkan persentase rata-rata aspek afektif sebesar 70 65% pada siklus I dan meningkat pada siklus II sebesar 91 5%. Hasil belajar aspek psikomotorik menunjukkan persentase rata-rata siklus I sebesar 71 76% dan meningkat pada siklus II sebesar 85 13%. Sedangkan rata-rata nilai psikomotorik kelas sebesar 71 73 pada siklus I meningkat menjadi sebesar 84 66% pada siklus II. Angket respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif model STAD. Saran yang dapat diberikan yaitu guru mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 10 Malang disarankan untuk mencoba menerapkan pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam pembelajaran agar dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa serta memberikan perhatian dan bimbingan kepada siswa yang memperoleh hasil belajar baik kognitif afektif maupun psikomotorik jauh dibawah Standar Ketuntasan Minimum (SKM). Bagi siswa pelaksanaan pembelajaran kooperatif STAD ini hendaknya dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan dan memotivasi hasil belajarnya melalui kerjasama dan aktif dalam belajar agar mencapai hasil belajar yang optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Aug 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38622 |
Actions (login required)
View Item |