Penerapan model pembelajaran GI (Group Investigation) untuk kelompok satu kelas XI IPS - 1 siswa SMA Negeri 4 Malang tahun ajaran 2007/2008 dalm meningkatkan motivasi belajar ekonomi / Suhariadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran GI (Group Investigation) untuk kelompok satu kelas XI IPS - 1 siswa SMA Negeri 4 Malang tahun ajaran 2007/2008 dalm meningkatkan motivasi belajar ekonomi / Suhariadi

Suhariadi (2008) Penerapan model pembelajaran GI (Group Investigation) untuk kelompok satu kelas XI IPS - 1 siswa SMA Negeri 4 Malang tahun ajaran 2007/2008 dalm meningkatkan motivasi belajar ekonomi / Suhariadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

A B S T R A K Suhariadi. 2008. Penerapan Model GI (Group Investigation) untuk Kelompok Satu kelas XI IPS-I Siswa SMA Negeri 4 Malang Tahun Ajaran 2007/2008 dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Wahjoedi ME (2) Hadi Sumarsono ST. M.si. Kata kunci Pembelajaran Kooperatif Investigasi Kelompok Motivasi Belajar. Hasil pengamatan di lapangan menunjukkan bahwa motivasi belajar ekonomi siswa masih rendah. Salah satu penyebab rendahnya motivasi belajar ekonomi ini adalah kecenderungan penerapan pola pembelajaran yang masih berpola pada metode ceramah saja.. Selain itu hasil observasi juga menunjukkan bahwa tingkah laku siswa yang kurang positif dalam mengikuti pelajaran di kelas.. Salah satu pembelajaran yang diduga dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan motivasi belajar ekonomi siswa adalah melalui metode pembelajaran kooperatif model GI (Group Investigation). Model GI (Group Investigation) terdiri dari enam tahap yaitu I) kelas menentukan sub topik dan organisasi ke dalam kelompok-kelompok II) rencana kelompok-kelompok penyelidikan III) kelompok-kelompok penyelidikan melaksanakan rencana penyelidikan IV) kelompok-kelompok penyelidikan merencanakan presentasi V) kelompok-kelompok penyelidikan melaksanakan presentasi VI) evaluasi. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri 4 Malang Kelas XI IPS-I tahun ajaran 2007-2008. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun pelajaran 2007-2008 mulai bulan April 2008 sampai dengan bulan Mei 2008. Penelitian tindakan terdiri dua siklus masing-masing siklus terdiri dari rencana tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah satu kelompok belajar kooperatif yakni kelompok satu dari siswa kelas XI IPS-I yang berjumlah enam orang siswa. Hasil analisis dan refleksi tindakan pada siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi baik dalam proses pembelajaran yaitu ditunjukkan dengan semakin meningkatnya aktivitas dan keterampilan kooperatif siswa dan setelah penerapan pembelajaran kooperatif model GI (Group Investigation) yang ditunjukkan dengan peningkatan skor angket motivasi belajar ekonomi siswa.. Dalam hal motivasi belajar siswa masing-masing subjek penelitian yaitu RAY MSK DRW FOV RYA dan ASR mengalami peningkatan persentase jumlah skor angket motivasi masing-masing adalah 2 9% 3 2% 1 6% 24 8% 8 8% dan 3 2%. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap kelompok satu siswa kelas XI IPS-I SMA Negeri 4 Malang tahun ajaran 2007-2008 menunjukkan terdapat peningkatan motivasi belajar setelah dilaksanakan penerapan model pembelajaran GI (Group Investigation). Dengan adanya peningkatan tersebut diharapkan guru bidang studi melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan Metode yang lebih bervariasi. Salah satunya adalah dengan menggunakan model pembelajaran GI (Group Investigation).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Nov 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38601

Actions (login required)

View Item View Item