Nawawi, Achmad (2013) Pengembangan media peta digital untuk pembelajaran IPS materi persebaran manusia purba Di Indonesia (Pulau Jawa) Kelas VII SMP Negeri 23 Malang / Achmad Nawawi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci media pembelajaran peta digital dan mata pelajaran sejarah Media adalah suatu alat atau sarana atau perangkat yang berfungsi sebagai perantara atau saluran atau jembatan dalam kegiatan komunikasi (penyampaian dan penerimaan pesan ) antara kominikator (penyampai pesan ) dan komunikan ( penerima pesan ). Sedangkan pembelajaran diartikan sebagai proses penciptaan lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar. Hal yang melandasi dari pengembangan media ini yaitu pengembang melihat kondisi pada saat belajar sejarah di kelas VII SMP Negeri 23 Malang masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab dari guru. Tingkat keefektivan siswa dalam hal bertanya menjawab pertanyaan mengungkapkan ide gagasan dan proses pembelajaran lainnya menurut pengembang kurang efektif karena sejarah merupakan pelajaran yang berhubungan dengan peristiwa yang membahas masa lampau sehingga tidak memungkinkan siswa untuk menggunakan media cetak saja dalam proses pembelajaran. Tujuan dari pengembangan yaitu untuk menghasilkan suatu produk media peta digital yang layak dan efektif sebagai sarana pembelajaran mata pelajaran IPS (Sejarah) pada materi persebaran manusia purba di Indonesia (Pulau Jawa) siswa kelas VII SMP Negeri 23 Malang. Tahap penelitian pengembangan yang digunakan adalah menggunakan tahapan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan (1) analisis (2) desain (3) pengembangan (4) implementasi dan (5) evaluasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam pengembangan ini berupa angket kuisioner yang disebarkan kepada ahli media ahli materi uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil. Media ini divalidasikan oleh ahli materi sebanyak 1 orang ahli media sebanyak 2 orang dan audiens sebanyak 20 orang. Setelah dianalisis kelayakannya hasil validasi dari media peta digital ini dinyatakan valid dengan hasil perhitungan ahli media 84 2% ahli materi 91 6% siswa individual 90 0% siswa kelompok kecil 88 7%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media peta digital ini cukup layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPS (Sejarah) dan disarankan agar pihak sekolah lebih meningkatkan pengadaan sarana berupa media pembelajaran sebagai media utama maupun media tambahan dalam kegiatan pembelajaran karena media peta digital ini sudah terbukti sangat efektif meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/386 |
Actions (login required)
View Item |