Efektivitas penerapan perpaduan metode pembelajaran problem solving dan stad untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Talun Blitar / Ika Filasanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penerapan perpaduan metode pembelajaran problem solving dan stad untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Talun Blitar / Ika Filasanti

Ika Filasanti (2008) Efektivitas penerapan perpaduan metode pembelajaran problem solving dan stad untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Talun Blitar / Ika Filasanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Metode perpaduan Problem Solving dan STAD merupakan salah satu Metode pembelajaran dimana kegiatan belajar mengajar dipusatkan pada siswa. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 1 Talun Blitar dapat diketahui bahwa pengajaran oleh guru biasanya dilakukan dengan metode ceramah dan tanya jawab. Metode pengajaran seperti ini belum memberikan hasil belajar yang memuaskan pada diri siswa. Oleh sebab itu peneliti menerapkan metode perpaduan Problem Solving dan STAD untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Talun Blitar semester gasal tahun ajaran 2007/2008 pada pokok bahasan kebijakan moneter di Indonesia. Penelitian dilakukan di bulan September-November 2007 dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi pengelolaan pembelajaran oleh guru lembar observasi aktivitas siswa persepsi siswa terhadap mata pelajaran ekonomi. Analisis hasil penelitian dideskripsikan dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase aktivitas belajar siswa sebesar 11.93% yaitu rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 59.58% dengan taraf keberhasilan tindakan cukup sedangkan pada siklus II sebesar71.51% dengan taraf keberhasilan tindakan baik. Peningkatan juga nampak pada hasil akhir belajar siswa sebesar 9.06%. Berdasarkan analisis angket persepsi siswa dapat diketahui 21.62% siswa menyatakan sangat setuju dan 70.27% siswa menyatakan setuju terhadap penerapan perpaduan Problem Solving dan STAD. Alasannya antara lain siswa dapat meningkatkan kerjasama keaktifan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Feb 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38514

Actions (login required)

View Item View Item