Penerapan model pemaduan problem based learning dan cooperative learning tipe mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Malang / Retno Mustika Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pemaduan problem based learning dan cooperative learning tipe mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Malang / Retno Mustika Dewi

Retno Mustika Dewi (2010) Penerapan model pemaduan problem based learning dan cooperative learning tipe mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Malang / Retno Mustika Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mustika Dewi Retno. 2007. Penerapan Model Pemaduan Problem-Based Learning dan Cooperative Learning Mind Mapping Untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Malang. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan FE Universitas Negeri Malang (UM). Pembimbing (1) Drs. Agung Haryono S.E M.P (II) Drs. Moch. Ichsan S.E M.Pd M.Si. Kata kunci Problem-Based Learning Cooperatif Learning Mind Mapping aktivitas belajar dan hasil belajar. Model pemaduan Problem-Based Learning dan Cooperative Learning Mind Mapping merupakan salah satu penerapan model pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum Berbasis kompetensi (KBK) dimana proses belajar mengajar di kelas terpusat pada siswa ( student oriented). Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di SMP Negeri 3 Malang dapat diketahui bahwa metode pengajaran yang diterapkan oleh guru dalam proses belajar mengajar di kelas adalah metode ceramah dan metode tanya jawab. Metode pengajaran tersebut kurang mengembangkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu peneliti ingin menerapkan model pemaduan Problem-Based Learning dan Cooperative Learning Mind Mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 3 Malang. Subyek dan tempat dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 3 Malang pada pokok bahasan Koperasi dan Pajak. Penelitian dilakukan pada bulan Maret sampai dengan bulan April dan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) lembar observasi kegiatan diskusi siswa soal pre tes dan pos tes serta angket yang berisi respon siswa pada mata pelajaran ekonomi setelah diterapka model pemaduan Problem Based learning dan Cooperative Learning Mind Mapping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap aktivitas siswa. Peningkatan ini ditunjukkan oleh tingkat ketercapaian siswa pada setiap tingkatan aktivitas belajar siswa. Aktivitas belajar siswa pada tingkat SK (sangat kurang) menurun dari 0 6% pada siklus I menjadi 0% pada siklus II aktivitas belajar siswa pada tingkat K (kurang) menurun dari 6 87% pada siklus I menjadi 5% pada siklus II aktivitas belajar siswa pada tingkat C (cukup) menurun dari 17 5% pada siklus I menjadi 6 87% pada siklus II aktivitas belajar siswa pada tingkat B (baik) meningkat dari 35% pada siklus I menjadi 41 25% pada siklus II dan aktivitas belajar siswa pada tingkat SB (sangat baik) meningkat dari 37 5% pada siklus I menjadi 48 12% pada siklus II. i Berdasarkan analisis hasil belajar siswa dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar tersebut terdapat pada skor perolehan rata-rata nilai pre tes siswa dari 67% pada siklus I menjadi 68 25% dan pada skor perolehan rata-rata pos tes dari 72 5% menjadi 77 25% pada siklus II. Dengan demikian terjadi peningkatan nilai pre tes siswa sebesar 1 25% dari siklus I ke siklus II dan peningkatan nilai pos tes siswa sebesar 4 75% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis angket respon siswa terhadap mata pelajaran ekonomi setelah diterapkan model pemaduan Problem-Based Learning dan Cooperative Learning Mind Mapping dapat diketahui bahwa lebih senang belajar ekonomi secara berkelompok (kooperatif) daripada belajar secara individu dengan presentase sebesar 80% siswa lebih senang dan lebih cepat memahami materi ekonomi dengan presentase sebesar 67 5% dan 47 5% dan siswa tidak merasa kesulitan dan lebih tertarik pada mata pelajaran ekonomi dengan presentase sebesar 75% dan 45%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa siswa memberikan respon positif terhadap penerapan model pemaduan Problem-Based Learning dan Cooperative Learning Mind Mapping pada mata pelajaran ekonomi. Model pemaduan Problem-Based Learning dan Cooperative Learning Mind Mapping memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan model pembelajaran ini adalah (1) dapat meransang dan mengembangkan aktivitas belajar siswa (2) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam upaya untuk mencari alternative jawaban dalam pemecahan masalahnya (3) dapat mengembangkan keterampilan sosial siswa dan (4) dapat meningkatkan rasa kepercayaan pada diri siswa dan melatih siswa untuk berani mengemukakan pendapatnya. Sedangkan kekurangan pada model pemaduan ini adalah (1) model pembelajaran ini memerlukan waktu yang relatif banyak (2) model pembelajaran ini memerlukan perencanaan dan persiapan yang matang dan (3) model pembelajaran ini memerlukan tingkat kreatifitas guru yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan (1) hendaknya guru bidang studi ekonomi dapat menggunakan dan menerapkan model pemaduan Problem-Based Learning dan Cooperative Learning Mind Mapping untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa dan (2) hendaknya guru bidang studi ekonomi dapat mempelajaridan menerapkan tahap-tahap yang terdapat pada model pemaduan Problem-Based Learning dan Cooperative Learning Mind Mapping agar aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat secara optimum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38480

Actions (login required)

View Item View Item