Muhibbuddin Abbas (2009) Perbedaan peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Malang antara yang diberi kuis dengan siswa yang diberi tugas LKS pada pelajaran ekonomi / Muhibbuddin Abbas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pemilihan metode yang kurang tepat media belajar yang kurang bahkan cara mengajar guru yang membosankan bagi siswa merupakan beberapa faktor yang berasal dari guru yang dapat mempengaruhi hasil belajar. Sedangkan dari siswa salah satunya adalah tidak adanya kesiapan untuk menerima materi yang akan diajarkan. Selama ini yang terjadi kebanyakan dari siswa SMP Negeri 3 Malang khususnya kelas VIII kurang memiliki kesiapan untuk menerima materi yang akan diajarkan. Untuk mengaktifkan siswa dalam mempersiapkan diri mengikuti materi yang akan diajarkan guru memberikan tugas-tugas yang dapat digunakan untuk mengaktifkan siswa dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti meteri pelajaran yang akan disampaikan oleh guru. Pemberian tugas LKS akan menjadikan siswa belajar. Pemberian kuis sebelum materi pelajaran diajarkan akan menjadikan siswa mempersiapkan diri untuk belajar. Pemberian tugas LKS yang dikerjakan dirumah dan pemberian kuis sebelum pelajaran dimulai diharapkan siswa dapat menemukan sendiri konsep-konsep dari materi yang akan diterima. Dengan demikian siswa akan memiliki kesiapan untuk mengikuti materi pelajaran baru yang akan disampaikan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara yang diberi kuis sebelum materi pelajaran disampaikan dengan siswa yang diberi tugas LKS yang dikerjakan dirumah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Malang tahun ajaran 2006/2007. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 sebagai kelompok E1 yang diberi kuis dan siswa kelas VIII-6 sebagai kelompok E2 yang diberi tugas LKS. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas uji homogenitas uji kesamaan rata-rata Sedangkan uji hipotesisnya menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan awal dan hasil belajar pada siswa yang diberi kuis. Selain itu juga terjadi peningkatan hasil belajar ekonomi pokok bahasan pelaku utama perekonomian Indonesia pada kelompok E1 yaitu siswa yang diberi kuis lebih baik dibandingkan kelompok E2 yaitu siswa yang diberi tugas LKS.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38445 |
Actions (login required)
View Item |