Pengembangan e-modul berbasis problem based learning berbantuan heyzine flipbook untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada kelas x mplb di SMK terpadu Al-Ishlahiyah Singosari Malang pada mata pelajaran dasar-dasar manajemen perkantoran dan layanan bisnis) / Ken Ayu Cauryne Putri Dewani</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul berbasis problem based learning berbantuan heyzine flipbook untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada kelas x mplb di SMK terpadu Al-Ishlahiyah Singosari Malang pada mata pelajaran dasar-dasar manajemen perkantoran dan layanan bisnis) / Ken Ayu Cauryne Putri Dewani</p>

Dewani, Ken Ayu Cauryne Putri (2024) Pengembangan e-modul berbasis problem based learning berbantuan heyzine flipbook untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada kelas x mplb di SMK terpadu Al-Ishlahiyah Singosari Malang pada mata pelajaran dasar-dasar manajemen perkantoran dan layanan bisnis) / Ken Ayu Cauryne Putri Dewani</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan sangat berubah secara akademis terutama dalam hal teknologi. Semakin adanya perubahan terutama dalam hal teknologi dalam pendidikan dibutuhkannya juga bahan ajar untuk mendukung dalam pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini memiliki suatu tujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa E-Modul berbasis PBL yang selanjutnya dilakukan uji validasi media dan uji validasi materi. Serta akan dilakukan penyebaran angket ke kelompok kecil yang berjumlah 6 peserta didik untuk mengetahui kelayakan e-modul sebelum diuji cobakan kedalam kelas. Dalam mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik akan dilakukan perbandingan hasil belajar pada kelompok kelas kontrol dan kelompok kelas eksperimen. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan penelitian dan pegembangan atau Research and Development (R amp D). Serta menggunakanprosedur model pengembagan ADDIE. Subjek dari penelitian ini melibatkan ahli media ahli materi kelompok kecil yang terdiri dari enam peserta didik kelas kontrol yang terdiri dari 26 peserta didik dari kelas X MPLB 2 dan kelompok eksperimen yang terdiri dari 24 peserta didik dari kelas X MPLB 1. Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah bahan ajar berupa elektronik modul berbasis PBL yang telah diuji validasi oleh validator media dan validator materi dengan perolehan sangat layak. Setelah mendapatkan hasil validasi dari kedua subjek tersebut selanjutnya akan dilakukan uji coba produk ke peserta didik yang berjumlah 6 peserta didik atau kelompok kecil dan mendapatkan hasil perolehan sangat layak. Selanjutnya dilakukan tahap penerapan produk dan diperoleh hasil belajar perserta didik dari aspek kognitif dan psikomotorik mengalami kenaikan. Berdasarkan hasil tersebut maka bahan ajar modul elektronik berbasis PBL dapat diterima dengan baik untuk menjadi bahan ajar yang mendukung proses pembelajaran. Selama proses pembelajaran peserta didik sangat menerima dengan baik sehingga bahan ajar yang sudah dikembangkan bisa diterapkan dipembelajaran yang ada di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Sep 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/384165

Actions (login required)

View Item View Item