Hikmah, Afifahtul (2024) Pengembangan game edukatif berburu ubur-ubur berbasis model teams-games-tournament pada materi sistem reproduksi untuk meningkatkan learning ownership dan hasil belajar kognitif siswa kelas xi / Afifahtul Hikmah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini mengembangkan dan menguji keefektifan game edukatif Berburu Ubur-Ubur berbasis model Teams-Games-Tournament (TGT) untuk meningkatkan learning ownership dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI pada materi Sistem Reproduksi. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya learning ownership dan hasil belajar kognitif siswa yang diukur melalui angket dan tes awal. Game edukatif Berburu Ubur-Ubur dirancang untuk memotivasi siswa melalui desain yang menarik secara visual dan interaktif secara perilaku sehingga meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Metodologi yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan dengan model ADDIE yang melibatkan lima tahap menganalisis mendesain mengembangkan mengimplementasikan dan mengevaluasi. Kevalidan kepraktisan dan keefektifan game edukatif Berburu Ubur-Ubur diuji melalui uji kevalidan oleh ahli uji kepraktisan oleh guru dan siswa dan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan terhadap learning ownership dan hasil belajar kognitif siswa setelah intervensi game. Game edukatif Berburu Ubur-Ubur juga mendapat respons positif dari siswa menunjukkan bahwa game edukatif Berburu Ubur-Ubur efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan mendukung pencapaian tujuan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/383217 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |