Pengaruh model problem-based learning berbantuan digital mind map terhadap keterampilan berpikir kritis dan learning ownership siswa kelas xi SMA Panjura MALANG / Alyssa Fitriyah Damayanty</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model problem-based learning berbantuan digital mind map terhadap keterampilan berpikir kritis dan learning ownership siswa kelas xi SMA Panjura MALANG / Alyssa Fitriyah Damayanty</p>

Damayanty, Alyssa Fitriyah Damayanty (2024) Pengaruh model problem-based learning berbantuan digital mind map terhadap keterampilan berpikir kritis dan learning ownership siswa kelas xi SMA Panjura MALANG / Alyssa Fitriyah Damayanty</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa membutuhkan keterampilan berpikir kritis dan kepemilikan pembelajaran untuk dapat bertanggung jawab atas pembelajaran mereka. Berdasarkan hasil tes awal dan angket learning ownership pada siswa kelas XI MIPA SMA Panjura Malang diperoleh data keterampilan berpikir kritis sebesar 61 95% yang tergolong rendah dan data awal learning ownership sebesar 67 2% yang tergolong dalam kategori kurang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem-Based Learning berbantuan Digital Mind Map (PBL-DMM) terhadap keterampilan berpikir kritis dan Learning Ownership (LO). Jenis penelitian quasi experiment dengan nonequivalent control group. Sampel penelitian menggunakan sampel jenuh yang dipilih acak sehingga diperoleh XI MIPA 2 sebagai kelas PBL-DMM dan XI MIPA 1 sebagai kelas PBL. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis dan dihasilkan semua data berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis memperlihatkan bahwa model PBL-DMM berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis dan LO. Perhitungan anacova keterampilan berpikir kritis didapatkan nilai F 15 299 dengan signifikansi 0 000 dan perhitungan anacova LO didapatkan nilai F 11 584 dengan signifikansi 0 002. Nilai gain keterampilan berpikir kritis PBL-DMM sebesar 0 75 tergolong tinggi dan 0 61 tergolong sedang untuk model PBL. Data LO menggunakan angket yang diukur dengan perhitungan statistik serta jurnal belajar yang dianalisis menggunakan aplikasi Atlas.ti dan dapat diketahui LO mengalami peningkatan sebesar 16 41.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Sep 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/383211

Actions (login required)

View Item View Item