Karimah, Luffi (2024) Penerapan pendekatan learning ownership berbasis project based learning pada mata pelajaran biologi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif Siswa Kelas X-E SMAS Diponegoro Tumpang / Luffi Karimah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif merupakan dua aspek penting dalam pendidikan. Keterampilan berpikir kreatif mencerminkan kemampuan siswa dalam menghasilkan ide-ide baru dan memecahkan masalah secara inovatif sementara hasil belajar kognitif menunjukkan kemampuan siswa dalam memahami dan menguasai materi pelajaran. Hasil belajar kognitif siswa kelas X-E SMAS Diponegoro Tumpang pada materi Bioteknologi masih tergolong rendah dengan nilai rata-rata sebesar 54 dan keterampilan berpikir kreatif sebesar 61% yang termasuk kategori dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif melalui penerapan pendekatan Learning Ownership berbasis Project Based Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbasis Lesson Study yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi yang terintegrasi dengan tahapan Lesson Study yaitu plan (rencana) do (aksi) dan see (refleksi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Learning Ownership berbasis Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa kelas X-E SMAS Diponegoro Tumpang. Persentase keterampilan berpikir kreatif siswa meningkat dari 78 00 pada siklus I menjadi 95 00 pada siklus II dengan N-Gain score 0 75 yang termasuk kategori tinggi. Hasil belajar kognitif juga meningkat dengan nilai rata-rata pretest siklus I sebesar 68 dan posttest siklus I sebesar 82 yang menghasilkan N-Gain score 0 42 (kategori sedang). Pada siklus II nilai rata-rata pretest mencapai 71 dan posttest sebesar 95 dengan N-Gain score 0 83 (kategori tinggi).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/383203 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |