Nisak, Khoirun (2024) Analisis identitas guru fisika yang mengajar pada jenjang pendidikan formal dan nonformal / KHOIRUN NISAK</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pondasi identitas guru yang belum kuat berimplikasi pada identitas seorang guru. Pondasi identitas yang belum kuat tersebut berada pada jenjang pendidikan formal dan jenjang pendidikan non formal. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis secara mendalam indikator identitas guru mana yang kuat dan lemah dari kedua jenjang pendidikan tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengeksplor bagaimana karakteristik identitas guru fisika yang mengajar pada jenjang pendidikan formal dan nonformal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus dengan menggunakan instrumen wawancara identitas guru dan observasi keterampilan dasar mengajar guru. Partisipan yang digunakan pada penelitian ini yaitu 5 guru fisika yang mengajar pada jenjang pendidikan formal yaitu guru fisika yang mengajar di SMA dan 5 guru fisika yang mengajar pada jenjang pendidikan nonformal yaitu mahasiswa S1 Pendidikan Fisika yang mengajar di lembaga bimbingan belajar. Partisipan dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan faktor pembentuk identitas yang kuat pada jenjang pendidikan formal dan nonformal hampir sama. Namun masih terdapat identitas guru yang lemah pada kedua jenjang pendidikan. Hal tersebut menunjukkan bahwa identitas guru fisika pada kedua jenjang masih memiliki pondasi yang belum kuat dan utuh.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/382381 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |