Eksplorasi kemampuan peserta didik kelas XI dalam menafsirkan grafik kinematika satu dimensi / Dyah Putri Rahmawati</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Eksplorasi kemampuan peserta didik kelas XI dalam menafsirkan grafik kinematika satu dimensi / Dyah Putri Rahmawati</p>

Rahmawati, Dyah Putri (2024) Eksplorasi kemampuan peserta didik kelas XI dalam menafsirkan grafik kinematika satu dimensi / Dyah Putri Rahmawati</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peserta didik sering kali kesulitan dalam memahami konsep-konsep fisika yang cukup rumit. Salah satu kemampuan pemahaman konsep yang harus dimiliki oleh peserta didik yakni kemampuan dalam menafsirkan grafik. Kemapuan menafsirkan grafik fisika merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam mempelajari pelajaran fisika. Tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplor kemampuan peserta didik dalam menafsirkan grafik pada materi kinematika satu dimensi. Metode penelitian yang digunakan yakni metode survey data penelitian diperoleh dari pengukuran pemahaman menafsirkan grafik pada peserta didik menggunakan Test Understanding Graphics of Kinematic (TUG-K). Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 1 Boyolangu berjumlah 33 peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam menafsirkan grafik kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 1 Boyolangu sudah tergolong cukup karena rata-rata keseluruhan indikator kemampuan menafsirkan grafik menunjukkan persentase sebesar 54 76% dalam tiga kemapuan dasar dan dua kemampuan kombinasi menafsirkan grafik yakni (1) membaca grafik sesuai titik koordinat (2) menafsirkan grafik dari kemiringan atau gradien garis singgung (3) memaknai luas di bawah kurva (4) kombinasi kemampuan membaca dan menginteprestasikan gradien (5) kombinasi kemampuan membaca dan menafsirkan luas di bawah kurva. Kemampuan terendah peserta didik terdapat pada indikator membaca grafik secara langsung sesuai dengan koordinat dengan persentase sebesar 37 87%. Sedangkan kemampuan tertinggi peserta didik terdapat pada indikator mengubah grafik berdasarkan kombinasi kemampuan membaca dan menafsirkan gradien dengan persentase sebesar 78 78%. Hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam memperbaiki kemampuan menafsirkan grafik kinematika satu dimensi pada peserta didik lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Aug 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/382379

Actions (login required)

View Item View Item