Peningkatan kemampuan argumentasi siswa sma menggunakan learning cycle 5e berbantuan simulasi PHET pada topik sumber energi alternatif / Sheila Inayah Tsabita</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan argumentasi siswa sma menggunakan learning cycle 5e berbantuan simulasi PHET pada topik sumber energi alternatif / Sheila Inayah Tsabita</p>

Tsabita, Sheila Inayah (2024) Peningkatan kemampuan argumentasi siswa sma menggunakan learning cycle 5e berbantuan simulasi PHET pada topik sumber energi alternatif / Sheila Inayah Tsabita</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sumber energi alternatif penting untuk dipelajari agar dapat menciptakan pengetahuan dan mengembangkan kreativitas siswa untuk mencari sumber-sumber energi alternatif yang ramah lingkungan terbarukan dan tersedia dalam jumlah besar untuk pembangunan masyarakat yang berkelanjutan. Sumber energi alternatif yang memiliki dampak terhadap lingkungan sosial dan ekonomi menjadikan materi ini terbuka untuk diskusi dalam kegiatan argumentasi. Argumentasi menjadi salah satu cara untuk menjelaskan pemecahan masalah dari suatu fenomena alam yang merupakan tujuan dari pendidikan sains. Pada praktiknya kemampuan argumentasi yang dimiliki siswa masih rendah. Rendahnya kemampuan argumentasi siswa disebabkan oleh keterampilan argumentasi yang jarang dilatihkan dan pembelajaran yang tidak memberikan ruang bagi siswa untuk berpartisipasi secara aktif di kelas. Penerapan Learning Cycle 5E dapat mendorong siswa untuk berargumen melalui tahapan pembelajaran yang melibatkan siswa dalam pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan argumentasi siswa yang menggunakan model Learning Cycle 5E berbantuan simulasi PhET pada topik sumber energi alternatif. Jenis penelitian ini adalah quasy experimental design dengan metode pretest-posttest control group. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tumpang pada semester genap tahun 2024. Penelitian ini mengunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa pada masing-masing kelas. Data penelitian diperoleh dengan memberikan pretest dan posttest yang berupa empat butir soal uraian untuk mengukur kemampuan argumentasi siswa. Rata-rata pretest di kelas eksperimen 18 767 sedangkan di kelas kontrol 18 667. Rata-rata posttest di kelas eksperimen 25 167 sedangkan di kelas kontrol 21 233 dengan skor maksimal 36. Hasil uji Mann-Whitney U-test menunjukkan bahwa model Learning Cycle 5E berbantuan simulasi PhET pada kelas eksperimen menyebabkan kemampuar argumentasi siswa lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan model konvensional. Pada kelas eksperimen dihasilkan N-gain sebesar 0 37 dengan kategori medium bawah yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan nilai N-gain sebesar 0 15 yang masuk dalam kategori rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Aug 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/382370

Actions (login required)

View Item View Item