Fitrianti, Susana (2024) Pengaruh model problem based learning berbantuan multimedia interaktif terhadap penguasaan konsep fluida statis dan literasi sains siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Malang / Susana Fitrianti</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemajuan teknologi yang pesat di abad ke-21 menuntut siswa dituntut untuk inovatif kritis memiliki kemampuan penguasaan konsep dan kemampuan literasi sains yang baik. Namun kenyataan menunjukkan bahwa kemampuan penguasaan konsep dan literasi sains siswa pada materi fluida statis masih tergolong rendah. Solusi untuk memperbaiki kemampuan penguasaan konsep dan literasi sains adalah dengan menerapkan model PBL yang dibantu dengan google sites sebagai multimedia interaktif agar siswa dapat meningkat penguasaan konsep dan literasi sains yang berjalan lurus dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan multimedia interaktif terhadap penguasaan konsep dan literasi sains siswa pada materi fluida statis dan menelaah serta menjelaskan secara deskriptif kemampuan penguasaan konsep dan literasi siswa. Penelitian ini menggunakan mixed method dengan desain explanatory. Pengambilan sampling yang digunakan adalah teknik cluster-random sampling. Hasil uji Mann Whitney menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara siswa yang belajar menggunakan problem based learning berbantuan multimedia interaktif dan siswa yang belajar menggunakan problem based learning. Hasil uji effect size sebesar 0 2 juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap penggunaan multimedia yang dipadukan dengan model problem based learning. Kemampuan penguasaan konsep dan literasi sains siswa setelah diberikan perlakuan meningkat menjadi lebih baik. Hal ini didasari oleh rata-rata nilai hasil penguasaan konsep dan literasi sains serta perubahan kategori kemampuan penguasaan konsep dan literasi sains.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/382369 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |