Cahayana, Monika Ruth (2024) Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model pbl untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis / Monika Ruth Cahayana</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan dalam pembelajaran abad 21 tetapi kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran fisika masih tergolong rendah. Beberapa penelitian sudah melakukan upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis namun belum mengakomodasi kebutuhan siswa sehingga kemampuan berpikir kritis belum berkembang dengan maksimal. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah melalui penerapan strategi pembelajaran yang berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran berdiferensiasi dengan model PBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan desain non-equivalent control group design. Jumlah responden sebanyak 70 siswa terdiri dari 36 siswa di kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran berdiferensiasi dengan model PBL dan 34 siswa di kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional (PBL). Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster purposive sampling. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen perlakuan berupa modul ajar bahan ajar LKPD dan angket gaya belajar dan instrumen pengukuran berupa lembar observasi dan soal pretest-posttest. Penelitian ini menggunakan Uji Empirik untuk mengukur Instrumen pengukuran. Teknik analisis yang digunakan yaitu Uji prasyarat Uji Independent t-test dan Uji N-Gain. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki hasil N-Gain yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dibuktikan berdasarkan nilai N-Gain total berada pada kategori sedang pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol nilai N-Gain total berada pada kategori rendah. Adapun peningkatan N-Gain setiap sub materi pada materi pemanasan global dan upaya penanggulangan pemanasan global pada kelas eksperimen dengan kategori sedang dan kelas kontrol dengan kategori rendah. Terdapat juga peningkatan N-Gain setiap sub indikator berpikir kritis dengan indikator basic support dan strategy and tactics berada pada kategori tinggi dan indikator lainnya dalam kategori sedang sedangkan pada kelas kontrol setiap indikatornya berada pada kategori rendah. Maka penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model PBL lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/382362 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |