Matematriks: pengembangan e-modul berbasis google sites untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa pada materi matriks / Ratri Asmaya Puspa</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Matematriks: pengembangan e-modul berbasis google sites untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa pada materi matriks / Ratri Asmaya Puspa</p>

Puspa, Ratri Asmaya (2024) Matematriks: pengembangan e-modul berbasis google sites untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa pada materi matriks / Ratri Asmaya Puspa</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Motivasi belajar berperan sebagai pendorong utama yang dapat meningkatkan minat dan kemauan individu terlibat langsung dalam pembelajaran matematika. Terdapat beberapa variabel yang memengaruhi motivasi belajar di antaranya adalah pemanfaatan media pembelajaran. Oleh karena itu sangat dibutuhkan media pembelajaran yang mampu menarik minat siswa untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan mengembangkan sebuah e-modul interaktif berbasis Google Sites yang efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi matriks. Proses pengembangan dalam penelitian ini mengikuti prosedur ADDIE. Penelitian ini menggunakan tiga instrumen pengumpulan data yaitu angket validasi ahli angket respon siswa dan angket motivasi belajar siswa. Data yang didapatkan dari saran para ahli materi dan media serta hasil wawancara dengan siswa diuraikan secara deskriptif kualitatif untuk mendapatkan gambaran mendalam. Sementara itu data dari penilaian angket dianalisis secara deskriptif kuantitatif untuk memperoleh data statistik. Analisis validitas membuktikan bahwa e-modul yang dikembangkan telah sesuai dengan standar yang ditetapkan yakni standar kelayakan dengan skor validitas dari ahli media sebesar 79 17% dan ahli materi sebesar 80%. Analisis respon siswa menunjukkan bahwa e-modul berbasis google sites sangat praktis dengan perolehan skor sebesar 85 63% dan e-modul efektif dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada materi matriks dengan perolehan skor sebesar 82 43% termasuk pada kriteria sangat tinggi setelah siswa menggunakan e-modul berbasis google sites dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Sep 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/382055

Actions (login required)

View Item View Item