Berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah berdasarkan tingkat intelligence quotient (IQ) / Dini Okta Choridhatul Bahiyah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah berdasarkan tingkat intelligence quotient (IQ) / Dini Okta Choridhatul Bahiyah</p>

Bahiyah, Dini Okta Choridhatul (2024) Berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah berdasarkan tingkat intelligence quotient (IQ) / Dini Okta Choridhatul Bahiyah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah berdasarkan tingkat Intelligence Quotient (IQ) setiap siswa. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian adalah tiga siswa kelas XI DKV (Desain Komunikasi Visual) 2 yang mewakili masing-masing tingkatan IQ yaitu tingkatan IQ tinggi rata-rata dan rendah. Instrumen berupa soal uraian materi program linier dan pedoman wawancara yang digunakan dalam penelitian ini. Data skor IQ menggunakan data dari sekolah yang sudah valid. Instrumen lainnya berupa soal uraian dan pedoman wawancara sudah melalui validasi oleh validator dosen Departemen Matematika. Hasil tes dan wawancara kemudian diidentifikasi dan dideskripsikan dalam bentuk uraian. Hasil menunjukkan subjek dengan kategori skor IQ tinggi sangat yakin akan kemampuan berpikir kritisnya yaitu mampu untuk menginterpretasi jawaban dengan menuliskan informasi apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan. Kemudian pada saat menganalisis jawaban mampu untuk menentukan langkah penyelesaian membuat model matematika menentukan titik potong dan menggambar grafik menentukan titik pojok dan menentukan nilai optimum dengan baik. Selanjutnya pada saat mengevaluasi jawaban mampu untuk menyesuaikan hasil akhir dengan informasi yang ada pada soal. Setelah itu pada saat membuat inferensi mampu untuk memberikan kesimpulan dengan baik dan yakin dengan jawabannya. Sementara itu subjek dengan kategori skor IQ rata-rata kurang yakin akan kemampuan berpikir kritisnya yaitu mampu untuk menginterpretasi jawaban dengan menuliskan informasi dan apa yang diketahui. Kemudian pada saat menganalisis jawaban mampu untuk menentukan langkah penyelesaian membuat model matematika menentukan titik potong dan menggambar grafik kurang tepat dalam menentukan titik pojok dan nilai optimumnya. Selanjutnya pada saat mengevaluasi dan membuat inferensi dia tidak mampu untuk melakukannya. Terdapat perbedaan pada subjek dengan kategori skor IQ rendah cenderung tidak menganalisis jawaban yang menyebabkan tidak dapat menyelesaikan persoalan dengan lengkap sehingga hanya mampu menginterpretasi jawaban.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Aug 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/382040

Actions (login required)

View Item View Item