Wibisono, Erlangga Hanantyo (2024) Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah open-ended menggunakan maple calculator pada materi perbandingan Kelas vii / Erlangga Hanantyo Wibisono</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berpikir kreatif merupakan salah satu keterampilan berpikir yang penting dalam menyelesaikan suatu masalah bagi siswa. Faktor penting dalam pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa salah satunya adalah pemberian soal open-ended. Salah satu alat bantu yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah open-ended di era sekarang adalah Maple Calculator. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah open-ended materi perbandingan menggunakan Maple Calculator. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui permasalahan open-ended. Pada penelitian ini terdapat 31 subjek yang diberikan permasalahan open-ended dengan dipilih empat subjek untuk diwawancarai dengan kemampuan berpikir kreatif kategori rendah untuk satu subjek sedang untuk satu subjek dan tinggi untuk dua subjek. Pada kemampuan berpikir kreatif kategori rendah memenuhi satu indikator terdapat subjek yang memenuhi indikator fluency subjek yang memenuhi indikator flexibility dan subjek yang memenuhi indikator novelty. Kemudian pada kemampuan berpikir kreatif kategori sedang memenuhi indikator fluency dan flexibility. Kemudian kemampuan berpikir kreatif kategori tinggi memenuhi indikator fluency flexibility dan novelty. Penggunaan Maple Calculator memberikan dampak kepada siswa dalam memberikan jawaban unik atau tidak biasa jika siswa memahami fitur steps yang ada pada Maple Calculator. Kata Kunci Berpikir kreatif open-ended perbandingan Maple Calculator
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/382030 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |