Analisis kesalahan siswa berdasarkan objek langsung matematika dalam menyelesaikan permasalahan rutin dan non-rutin pada materi eksponen / Rifdah Putri Salsabilla Wardah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa berdasarkan objek langsung matematika dalam menyelesaikan permasalahan rutin dan non-rutin pada materi eksponen / Rifdah Putri Salsabilla Wardah</p>

Wardah, Rifdah Putri Salsabilla (2024) Analisis kesalahan siswa berdasarkan objek langsung matematika dalam menyelesaikan permasalahan rutin dan non-rutin pada materi eksponen / Rifdah Putri Salsabilla Wardah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh seorang guru selama proses pembelajaran adalah melakukan analisis kesalahan pada jawaban siswa pada saat menyelesaikan suatu permasalahan. Hal ini dikarenakan apabila kesalahan yang dilakukan oleh siswa tidak teridentifikasi maka kesalahan tersebut akan terlewat dan tidak diberikan tindakan perbaikan sehingga memicu kesalahan lain saat mempelajari materi-materi selanjutnya. Analisis kesalahan siswa yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan memerhatikan pengaplikasian empat objek langsung matematika yaitu fakta konsep prinsip dan keterampilan pada saat siswa menyelesaikan permasalahan rutin dan non-rutin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui bentuk kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan rutin dan non-rutin pada materi bilangan berpangkat dan fungsi eksponen yang dilihat berdasarkan empat objek langsung matematika. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk menyelidiki faktor internal yang menjadi penyebab kesalahan siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes dan pedoman wawancara. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa kelas X SMA Negeri 1 Purwosari dan 3 siswa kelas X MA Almaarif Singosari. subjek tersebut dipilih dari 92 siswa kelas X SMA Negeri 1 Purwosari dan 96 siswa kelas X MA Almaarif Singosari yang telah menerima materi eksponen dengan kriteria menjawab ketiga soal tanpa ada bagian yang tidak dijawab atau dikosongi salah dalam memberikan alasan pada soal nomor 1 lebih dari 2 bagian melakukan kesalahan pada nomor 2 atau 3 Siswa yang bersedia untuk diwawancara dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan permasalahan rutin dan non-rutin siswa melakukan kesalahan fakta konsep prinsip dan keterampilan. Faktor internal yang menyebabkan kesalahan tersebut berasal dari kognitif siswa gaya belajar siswa dan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jul 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/382012

Actions (login required)

View Item View Item