Pengaruh pemanfaatan bahan ajar cetak dalam kuliah online terhadap hasil belajar mahasiswa teknologi jaringan Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang angkatan 2010 / Triono Widyantoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan bahan ajar cetak dalam kuliah online terhadap hasil belajar mahasiswa teknologi jaringan Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang angkatan 2010 / Triono Widyantoro

Widyantoro, Triono (2013) Pengaruh pemanfaatan bahan ajar cetak dalam kuliah online terhadap hasil belajar mahasiswa teknologi jaringan Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang angkatan 2010 / Triono Widyantoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengaruh Pemanfaatan Bahan Ajar Cetak Dalam Kuliah Online Hasil Belajar Bahan ajar dapat diartikan bahan-bahan atau materi pelajaran yang disusun secara lengkap dan sistematis berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran yang digunakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Bahan ajar bersifat sistematis artinya disusun secara urut sehingga memudahkan siswa belajar Mbulu (2004 9) memberikan pengertian bahan ajar sebagai bagian internal dari pengembangan kurikulum dan pengembangan system pembelajaran. Adapun yang dimaksud dengan pengembangan bahan ajar adalah pendekatan sistematik dalam merancang mengevaluasi memanfaatkan keterhubungan fakta konsep prinsip atau teori yang terkandung dalam mata pelajaran atau pokok bahaasan dengan mengacu pada tujuan. Bahan ajar cetak adalah adalah suatu satu jenis bahan ajar pandang (visual) yang mana produknya adalah dalam bentuk cetak. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi 1) Bagaimana pengaruh pemanfaatan bahan ajar cetak terhadap hasil belajar mahasiswa kuliah online matakuliah Teknologi Jaringan 2) Adakah perbedaan hasil belajar pada kuliah online mahasiswa yang menggunakan bahan ajar cetak dengan mahasiswa yang tidak menggunakan bahan ajar cetak. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Teknologi Jaringan Jurusan Teknologi Pendidkan UM angkatan 2010. Sumber data yaitu Tes hasil belajar. Hasil penelitian Dari perhitungan hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh hasil t hitung dari t tabel yaitu 7 198 dari t tabel 1 689. Hal ini berarti H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar mahasiswa yang memanfaatkan bahan ajar cetak berbeda (lebih baik) dengan hasil belajar mahasiswa yang tidak memanfaatkan bahan ajar cetak pada matakuliah Teknologi Jaringan di jurusan Teknologi Pendidikan angkatan 2010 pada taraf signifikan 0 05. Pada pembelajaran online yang menerapkan download materi dari web kuliah online kemudian diulas pada pembelajaran dengan metode ceramah sebaik setiap mahasiswa dibekali bahan ajar cetak untuk lebih memahami materi Teknologi Jaringan yang disampaikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/382

Actions (login required)

View Item View Item