Laksitaningtyas, Nadia (2016) Hubungan antara kompetensi dan produktivitas kerja tenaga administrasi sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri se Kota Madiun / Nadia Laksitaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Laksitaningtyas Nadia. 2016. HubunganantaraKompetensidanProduktivitasKerjaTenagaAdministrasiSekolah di SekolahMenengahAtasNegeri se Kota Madiun. Skripsi JurusanAdministrasiPendidikan FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mustiningsih M.Pd. (II) DraDjumDjum Noor Benty M.Pd. Kata Kunci kompetensi TAS danproduktivitaskerja Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) memiliki peran yang penting dalam sebuah lembaga atau satuan pendidikan. Peranan TAS mempunyai hubungan erat dengan otoritas formal yang diberikan sekolah. Kegiatan yang dilakukan TAS dalam hal melaporkan hasil kegiatan yang telah dilakukan dapat dijadikan sebagai sumber untuk membuat suatu keputusan yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas sekolah menjadi lebih baik. Pemenuhan standar kualifikasi dan kompetensi TAS wajib dipenuhi oleh penyelenggara sekolah dimana kualifikasi dan kompetensi TAS berbeda dengan pendidik.Produktivitas kerja adalah hasil kerja dari pegawai sehingga seorang pegawai harus senantiasa meningkatkan sikap mental produktif yang diwujudkan dalam berbagai kegiatan. Produktivitas TAS sangat dipengaruhi oleh kompetensi yang dimiliki oleh TAS. Dimana semakin tinggi kompetensi yang dimiliki maka semakin tinggi pula produktivitas tenaga administrasi di sebuah satuan pendidikan. TAS memiliki pekerjaan yang cukup kompleks sehingga memerlukan kompetensi yang baik untuk meningkatkan produktivitas kerja. Tujuandilakukanpenelitianiniadalahuntukmengetahuitingkatkompetensi TAS tingkatproduktivitaskerjadanmenemukanhubunganantarakompetensidanproduktivitaskerja TAS di SMAN se Kota Madiun. Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdenganrancanganpenelitiandeskriptifkorelasional. Penelitianinimenggunakan instrument penelitiandalambentukangketdenganresponden yang merupakan TAS di SMAN se Kota Madiun.Penelitianinimenggunakansampelsebanyak 30 respondendenganteknikpengambilansampelmenggunakanpurposive sampling.Instrument yang digunakandalampengumpulan data yaituangket. Data dianalisisdenganteknikkorelasiproduct momenpearsondenganmenggunakan program SPSS (Stastistical Product and Service Solution)16 00 for windows. Berdasarkanhasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) tingkatkompetensi TAS di SMAN se-Kota Madiunsangattinggi. Hal tersebutdibuktikanbawhasebanyak 63 33% TASmemilikikompetensisangattinggi 36 67% tinggi 0% rendah dan 0% sangatrendah (2) tingkatproduktivitaskerja TAS di SMAN se-Kota Madiuntinggi dimanasebanyak 30% TAS memilikiproduktivitassangattinggi 66 67% tinggi 3 33% rendahdan 0% sangatrendah (3) adahubungansignifikanantarakompetensidanproduktivitaskerja TAS di SMAN se-Kota Madiun.Nilai probabilitas (signifikan) 8804 0 05 yakni 0 000 dan rhitung (0 793) rtabel (0 361) maka H0ditolak dan H1diterima yakni terdapat hubungan yang positif sehingga terjadi hubungan yang signifikan antara kompetensi terhadap produktivits kerja. Artinya semakin tinggi variabel kompetensi (X) maka variabel produktivitas kerja (Y) akan semakin tinggi pula. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan agar (1) Kepala SMAN se-Kota Madiundiharapkanmenjadikanhasilpenelitianinisebagaipertimbanganuntukmeningkatkandanmengembangkankompetensi yang sudahdimiliki TAS sehinggalayananadministrasisekolahmenjadilebihbaik (2) Tenaga Administrasi SMAN se-Kota Madiun diharapkan mampu untuk meningkatkan kompetensi yang masihkurang yaituberperilakusesuaikodeetik berperilakujujur mengikutiprosedurkerja belajardarikesalahan danmengatur waktu untuk meningkatkan produktivitas kerja (3) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai bahan untuk memperkaya kajianuntukmatakuliahmanajemensumberdayamanusiakhususnya tentang hubungan antara kompetensidanproduktivitaskerja (4) Peneliti lain diharapkanapabila ingin melakukan penelitian yang sejenis sebaiknya penelitian ini lebih dikembangkan lagi dan subjek yang berbeda serta mengembangkan variabel sub-variabel dan indikatornya karena ilmu pengetahuan berkembang dengan sangat cepat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3768 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |