Analisis jabatan dan perkembangan karir penjaga sekolah negeri se-kota Malang (SDN/MIN, SMPN/ MTsN, SMKN, dan SMAN) / Putri Novitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis jabatan dan perkembangan karir penjaga sekolah negeri se-kota Malang (SDN/MIN, SMPN/ MTsN, SMKN, dan SMAN) / Putri Novitasari

Novitasari, Putri (2016) Analisis jabatan dan perkembangan karir penjaga sekolah negeri se-kota Malang (SDN/MIN, SMPN/ MTsN, SMKN, dan SMAN) / Putri Novitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Novitasari Putri. 2016. Analisis Jabatan dan Perkembangan Karir Penjaga Sekolah Negeri se-Kota Malang (SDN/MIN SMPN/MTsN SMAN dan SMKN). Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Bambang Setyadin M.Pd (II) Prof. Dr. H. Ali Imron M.Pd M.Si. Kata Kunci analisis jabatan karir penjaga sekolah Sebuah organisasi akan berusaha mengelola sumber daya manusia yang dimilikinya secara tepat guna dan terarah dimulai sejak penerimaan sampai penempatannya melalui proses perencanaan yang matang. Penjaga sekolah merupakan salah satu dari tenaga kependidikan di sekolah yang sudah menjadi kewajiban sekolah untuk mengembangkan kualitasnya karena pada prinsipnya tujuan orang bekerja adalah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sekolah harus berusaha untuk menumbuhkan kepuasan kerja yang sehat di mana hak dan kewajiban pegawai diatur sedemikian rupa selaras dengan fungsi peranan dan tanggungjawab pegawainya sehingga pegawai dapat berpartisipasi dalam organisasi. Kepuasan kerja merupakan hal yang penting dimiliki oleh setiap orang dalam bekerja. Tingkat kepuasan kerja yang tinggi akan mempengaruhi seseorang dalam menyelesaikan pekerjaannya sehingga tujuan organisasi dapat dicapai dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Menjelaskan jenis-jenis pekerjaan penjaga sekolah di Sekolah Negeri se-Kota Malang 2) Mendeskripsikan berapa durasi pekerjaan penjaga sekolah di Sekolah Negeri se-Kota Malang 3) Mengetahui standar honorarium penjaga sekolah di Sekolah Negeri se-Kota Malang 4) Menemukan kriteria perkembangan karir bagi penjaga Sekolah Negeri se-Kota Malang 5) Menemukan karir jabatan tertinggi yang dimiliki penjaga sekolah di Sekolah Negeri se-Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan suatu kejadian sebagaimana adanya pada waktu penelitian dilakukan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh penjaga Sekolah Negeri se-Kota Malang. Jumlah Sekolah Negeri se-Kota Malang berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Kota Malang yaitu sebanyak 255 sekolah. Sampel dari penelitian berjumlah 156 sekolah. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang disusun dalam butir-butir pernyataan berjumlah 33 butir. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis deskriptif menggunakan komputer dengan bantuan program SPSS (Statistical Product and Special Services) For Windows Version 16.00. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa jenis-jenis pekerjaan di luar tugas pokok dan fungsi penjaga sekolah ada 23 jenis pekerjaan durasi pekerjaan penjaga sekolah ialah 8 jam perolehan gaji yang diperoleh penjaga sekolah berdasarkan status kepegawaian dan pangkat golongan yang dimilikinya yaitu pangkat golongan I/b sebesar Rp 1 juta sampai Rp 2 juta dan pangkat golongan II/b lebih dari Rp 2 juta urutan kriteria perkembangan karir yaitu pengabdian atau kesetiaan pada sekolah latar belakang pendidikan penilaian dan evaluasi dari pimpinan tentang kinerja yang dilakukan prestasi kerja yang diraih penjaga sekolah selama bekerja dan pelatihan yang diikuti serta karir jabatan tertinggi yang dimiliki penjaga sekolah yaitu sebagai guru yang memiliki pangkat golongan II/b. Hasil penelitian ini memiliki implikasi sebagai berikut (1) Perlu dilakukan analisis jabatan yang jelas dan secara kontinyu tentang penjaga sekolah (2) Perlunya penetapan jam kerja penjaga sekolah agar tidak ada penjaga sekolah yang bekerja lebih dari 8 jam dan perlunya keseimbangan antara jam kerja yang diberikan dengan gaji yang diperoleh penjaga sekolah (3) Perlunya pengajuan status kepegawaian penjaga sekolah yang belum berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) (4) Perlunya motivasi penjaga sekolah untuk memperbaiki karirnya dan (5) Perlunya menumbuhkan motivasi kepada penjaga sekolah lain bahwa karir mereka dapat berkembang jika mereka berusaha untuk memperbaiki karir mereka. Saran yang yang diberikan peneliti yaitu kepada (1) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebaiknya menambahkan pegawai serabutan dalam lembaga pendidikan (2) Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang pertama sebaiknya memberikan wawasan dan pengetahuan kepada kepala sekolah terkait jenis pekerjaan yang dilakukan oleh penjaga sekolah. Kedua sebaiknya membuat kebijakan kepada Kepala Sekolah terhadap penetapan standar honorarium dan durasi kerja penjaga sekolah yang berstatus Pegawai tidak Tetap (PTT) maupun PNS. Ketiga mengadakan pelatihan untuk penjaga sekolah. Keempat sebaiknya mendata seluruh penjaga sekolah yang masih berstatus sebagai PTT untuk dipertimbangkan kenaikan status kepegawaiannya sebagai PNS (3) Kepala Sekolah pertama sebaiknya dapat membuat Standard Operating Procedure (SOP) untuk setiap pekerjaan yang dilakukan oleh penjaga sekolah. Kedua sebaiknya kepala sekolah memiliki jumlah penjaga sekolah minimal 2 orang. Ketiga sebaiknya mengusulkan kenaikan pangkat atau kenaikan status kepegawaian penjaga sekolah kepada Dinas Pendidikan bagi penjaga sekolah yang memilki prestasi dan pengabdian yang tinggi kepada sekolah. Keempat sebaiknya dapat membangkitkan rasa percaya diri penjaga sekolah dengan mengikutsertakan pada semua kegiatan sekolah dan memberikan kesejahteraan dan perkembangan karir untuk semua pegawainya khususnya penjaga sekolah. Kelima sebaiknya kepala sekolah tidak memerintah penjaga sekolah di luar tugas pokok dan fungsi (4) Penjaga Sekolah Pertama sebaiknya dapat memperbaiki karir dengan melatih kemampuan lain yang dimiliki. Kedua sebaiknya dapat merencanakan karir pekerjaan selanjutnya. Ketiga sebaiknya dapat menolak melakukan pekerjaan yang bukan merupakan tanggungjawab penjaga sekolah (5) Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan disarankan agar supaya melakukan pengabdian tentang materi terkait Manajemen Sumber Daya Manusia khususnya analisis jabatan dan perkembangan karir (5) Peneliti Lain agar hendaknya melakukan penelitian lain misalnya meneliti tentang analisis faktor-faktor perkembangan karir penjaga sekolah analisis jabatan penjaga sekolah dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3767

Actions (login required)

View Item View Item