Manajemen program sinau sosial dalam pendidikan karakter peserta didik di SMA Negeri 9 Malang / Ririn Rohmatul Umah - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen program sinau sosial dalam pendidikan karakter peserta didik di SMA Negeri 9 Malang / Ririn Rohmatul Umah

Umah, Ririn Rohmatul (2016) Manajemen program sinau sosial dalam pendidikan karakter peserta didik di SMA Negeri 9 Malang / Ririn Rohmatul Umah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Umah Ririn Rohmatul. 2016. Manajemen Program Sinau Sosial dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik di SMA Negeri 9 Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Imron Arifin M.Pd. (II) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin M.Pd. Kata kunci manajemen sinau sosial pendidikan karakter peserta didik Pendidikan karakter sangat penting bagi kehidupan peserta didik. Hal tersebut berkaitan dengan pembentukan karakter peserta didik sehingga mampu bersaing beretika bermoral sopan santun dan berinteraksi dengan masyarakat. Sinau sosial adalah suatu program sekolah yang merupakan bentuk perwujudan kepedulian terhadap sesama serta sarana belajar untuk menghadapi dan mensyukuri hidup yang diberi oleh Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu sinau sosial adalah suatu kegiatan berbagi dengan sesama yaitu setiap peserta didik harus bersikap saling peduli memahami dan merasakan bahwa manusia tidak dapat hidup sendiri. Kegiatan ini bertujuan untuk saling berbagi peduli terhadap orang lain dan dapat menerapkan ilmu yang diperoleh di sekolah dengan kehidupan sesungguhnya. Agar kegiatan tersebut dapat berjalan sesuai tujuan maka digunakan manajemen yang tepat sasaran. Manajemen tersebut meliputi perencanaan pengorganisasian pelaksanaan dan penilaian kegiatan sinau sosial. Sehingga diharapkan kegiatan sinau sosial tersebut dapat memberikan dampak yang positif bagi peserta didik khususnya berkaitan dengan pendidikan karakter peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) perencanaan program sinau sosial dalam pendidikan karakter peserta didik di SMA Negeri 9 Malang (2) pengorganisasian program sinau sosial dalam pendidikan karakter peserta didik di SMA Negeri 9 Malang (3) pelaksanaan program sinau sosial dalam pendidikan karakter peserta didik di SMA Negeri 9 Malang (4) penilaian program sinau sosial dalam pendidikan karakter peserta didik di SMA Negeri 9 Malang dan (5) dampak program sinau sosial terhadap pendidikan karakter peserta didik di SMA Negeri 9 Malang. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 9 Malang Jalan Puncak Borobudur Nomor 1 Malang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis pengumpulan data menggunakan reduksi data display data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi kecukupan referensial pengecekan keanggotaan dan perpanjangan keikutsertaan. Temuan penelitian ini pertama penyusunan perencanaan program sinau sosial ini meliputi panitia melakukan survei lapangan untuk menentukan desa sasaran panitia membuat Rencana Anggaran Belanja (RAB) dengan mengetahui bagian kesiswaan serta panitia melakukan beberapa kali rapat koordinasi mengenai kegiatan sinau sosial kedua struktur organisasi dan struktur kepanitiaan dalam penyelenggaraan program sinau sosial di SMA Negeri 9 Malang terdiri dari panitia bapak/ibu guru dan panitia OSIS yang menjadi panitia penyelenggaraan program sinau sosial ketiga pelaksanaan sinau sosial meliputi penyuluhan pendidikan bakti sosial permainan tradisional sharing dengan karang taruna penyuluhan dari kepolisian sektor Poncokusumo kerja bakti observasi ke home industry pementasan seni serta pembagian majalah smanawa ke sekolah-sekolah yang ada di Desa Karanganyar keempat evaluasi dilakukan dengan melihat laporan yang dibuat setelah pelaksanaan kegiatan selesai dilakukan serta pembuatan karya tulis dari peserta didik dan kelima dampak terhadap pendidikan karakter peserta didik meliputi melatih siswa dalam bersilaturahmi dengan orang yang belum dikenal menumbuhkan rasa empati pesert didik peserta didik lebih sopan peserta didik memiliki rasa kepedulian terhadap sesama attitude peserta didik lebih baik saat di sekolah serta kedisiplinan peserta didik lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian saran-saran yang diberikan peneliti meliputi (1) Kepala SMA Negeri 9 Malang sebaiknya mengikutsertakan semua angkatan dalam kegiatan sinau sosial ini. Hal ini dikarenakan banyaknya dampak yang ditimbulkan dari kegiatan ini sehingga diharapkan peserta didik dapat mempraktekkan pendidikan karakter yang didapat dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu kepala sekolah menambah kegiatan dalam sinau sosial yang dapat menunjang nilai pendidikan karakter peserta didik (2) Guru bimbingan konseling SMA Negeri 9 Malang sebaiknya selalu memantau perilaku peserta didik khususnya berkaitan dengan pendidikan karakter. Agar terjadi kesinambungan dari kegiatan sinau sosial ini dengan perilaku peserta didik setelah berada di sekolah (3) Pendidik SMA Negeri 9 Malang memberikan bimbingan dan pemahaman mengenai pentingnya pendidikan karakter kepada peserta didik khususnya dalam kegiatan sinau sosial. Hal ini dimaksudkan supaya peserta didik lebih memahami dan dapat menerapkan pendidikan karakter dengan maksimal. Selain itu guru yang berperan sebagai wali kelas XI lebih membimbing peserta didiknya dalam hal pembuatan laporan karya tulis serta guru yang menjadi panitia sinau sosial sebaiknya lebih melakukan pendekatan dengan panitia dari peserta didik (4) Peserta didik SMA Negeri 9 Malang sebaiknya mengikuti kegiatan sinau sosial dengan sungguh-sungguh. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari peserta didik itu sendiri (5) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan dapat menjadikan penelitian ini sebagai kajian dan referensi mengenai program yang ada di sekolah khususnya yang berkaitan dengan pendidikan karakter peserta didik (6) Peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dengan metode lain sehingga dapat menambah kajian ilmiah yang telah ada dalam penelitian ini. Penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi dalam memperkaya pengetahuan di bidang manajemen pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3745

Actions (login required)

View Item View Item