Pratiwi, Yulin (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran akuntansi sebagai pendukung scientific approach pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa untuk meningkatkan hasil belajar / Yulin Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pratiwi Yulin. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Akuntansi Sebagai Pendukung Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Sriyani Mentari S.Pd M.M. Kata Kunci Perangkat Pembelajaran Scientific Approach Hasil Belajar. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMKN 1 Pasuruan peneliti menemukan bahwa perangkat pembelajaran yang digunakan guru belum mendukung untuk tercapainya hasil dan tujuan pembelajaran siswa. Salah satunya pada rencana pelaksanaan pembelajaran belum mencerminkan kebutuhan dari siswa dilihat dari pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru dan media yang digunakan tidak menarik minat siswa untuk belajar buku yang digunakan kurang memadai meskipun fasilitas disekolah sangat mendukung dalam hal pengembangan media seperti adanya laboratorium komputer akuntansi LCD Proyektor dan jaringan internet yang bisa diakses semua warga sekolah tetapi tidak digunakan secara maksimal dalam hal pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan dan menguji kelayakan efektivitas perangkat pembelajaran akuntansi sebagai pendukung scientific approach pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa kelas x smk. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) (R D) diadaptasi oleh model Borg and Gall. Kelayakan produk dinilai oleh 2 guru ahli materi 1 dosen ahli media 2 dosen ahli perangkat pembelajaran 2 guru akuntansi untuk uji coba lapangan terbatas 10 siswa uji coba lapangan terbatas. Pengukuran uji coba lapangan dilakukan kepada 35 siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Pasuruan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini melalui angket. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Uji efektivitas produk melalui uji normalitas data dan uji paired sample t-test. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi mendapat nilai rata-rata 84 46% dengan kategori Layak Digunakan ahli media mendapat nilai rata-rata 78 48% dengan kategori Cukup Layak Digunakan ahli perangkat pembelajaran mendapat nilai rata-rata 84% dengan kategori Layak Digunakan . Uji coba terbatas pengguna siswa mendapat nilai rata-rata 81 67% dengan kategori Layak Digunakan uji coba terbatas pengguna guru mendapat nilai rata-rata 82 41% dengan kategori Layak Digunakan dan uji coba lapangan terhadap siswa mendapat nilai rata-rata 83 09% dengan kategori Layak Digunakan . Hasil rata-rata pre-test dan post-test sebesar 83 71 menjadi 88 57. Disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berupa media pembelajaran layak dan efektif untuk digunakan sebagai perangkat pembelajaran dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/37399 |
Actions (login required)
View Item |