Analisis SWOT sebagai dasar strategi pemasaran pada produk AIRUM (Air Minum UM) (studi pada properti Pusat Bisnis Universitas Negeri Malang) / Nahdia Asy Syahid - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis SWOT sebagai dasar strategi pemasaran pada produk AIRUM (Air Minum UM) (studi pada properti Pusat Bisnis Universitas Negeri Malang) / Nahdia Asy Syahid

Asy Syahid, Nahdia (2017) Analisis SWOT sebagai dasar strategi pemasaran pada produk AIRUM (Air Minum UM) (studi pada properti Pusat Bisnis Universitas Negeri Malang) / Nahdia Asy Syahid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Asy Syahid Nahdia. 2017. Analisis SWOT Sebagai Dasar Strategi Pemasaran pada Produk Air Minum UM AIRUM (Studi pada Properti Pusat Bisnis Universitas Negeri Malang). Skripsi. Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Suwarni M.Si. Kata Kunci Analisis SWOT Strategi Pemasaran Air Minum UM (AIRUM) Persaingan perubahan dan kompleksitas bisnis di Indonesia yang semakin ketat sangat berpengaruh pada peningkatan bisnis setiap perusahaan. Hal tersebut dapat terjadi karena banyaknya pesaing peluang bisnis yang potensial maupun pesatnya perkembangan teknologi. Keadaan ini mendorong perusahaan meningkatkan daya saing untuk tetap mempertahankan eksistensi di dunia bisnis. Faktor internal perusahaan meliputi kekuatan dan kelemahan perusahaan sedangkan faktor eksternal perusahaan meliputi peluang dan ancaman. Analisis SWOT merupakan evaluasi terhadap keseluruhan kekuatan kelemahan peluang dan ancaman dengan analisis SWOT sebuah perusahaan akan mampu menentukan strategi pemasaran yang tepat agar tetap bertahan dalam persaingan yang kompetitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi kekuatan kelemahan peluang serta ancaman pada produk AIRUM mengetahui posisi produk AIRUM berdasarkan analisis SWOT serta menentukan strategi pemasaran yang dapat diterapkan pada produk AIRUM berdasarkan Analisis SWOT. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sedangkan sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data menggunakan tehnik triangulasi dengan cara observasi dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis SWOT. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan menggunakan 3 cara yakni triangulasi tehnik triangulasi waktu dan triangulasi sumber. Berdasarkan analisis SWOT faktor yang menjadi kekuatan pada produk AIRUM (Air Minum UM) adalah lokasi yang strategis Universitas Negeri Malang memiliki brand air minum sendiri bekerjasama untuk menyediakan Airum disetiap acara besar UM digunakan sebagai air minum sehari-hari para pejabat UM. Kelemahan produk AIRUM adalah Airum merupakan produk baru di pasaran UM Airum masih belum banyak dikanal masyarakat UM pemasarannya masih terbatas belum dapat memproduksi sendiri. Peluang produk AIRUM adalah pangsa pasar jelas kegiatan-kegiatan rutin di Universitas Negeri Malang dapat bekerjasama tentang kebijakan menggunakan Airum nama brand UM sebagai kampus pendidikan. Ancaman produk AIRUM adalah pesaing dari produk lain pemutusan kerjasama pemesanan yang terlalu banyak kuantitas produksi belum siap. Posisi produk AIRUM berada pada kuadran 1 dengan faktor internal Airum memiliki total skor 2 83 dan faktor eksternal memiliki total skor 2 60. Adapun strategi yang dapat diterapkan yakni meningkatkan pemasaran secara maksimal dengan memanfaatkan lokasi yang strategis dan pangsa pasar jelas Semakin banyaknya konsumen melakukan permintaan kuantitas produk harus semakin ditingkatkan. Saran yang dapat diberikan kepada pihak Properti Pusat Bisnis selaku pengelola produk AIRUM adalah dapat menjalin hubungan baik dengan pihak kerjasama agar tidak salah komunikasi dalam penyampaian permintaan akan produk Airum sehingga dapat terus bekerjasama dan meningkatkan loyalitas konsumen dengan perbaikan kualitas produk serta kuantitas produk yang dikirim ke Perusahaan. Sedangkan saran untuk peneliti selanjutnya yakni dapat menganalisis hal-hal yang menarik yang sedang terjadi di Properti Pusat Bisnis misal dengan tema stategi pemasaran menggunakan metode marketing mix.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37324

Actions (login required)

View Item View Item