Utami, Hani Makartining (2016) Hubungan keefektifan publikasi dan citra lembaga pendidikan dengan motivasi siswa memilih sekolah di SMA swasta se-Kota Malang / Hani Makartining Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Utami Hani Makartining. 2016. Hubungan Keefektifan Publikasi dan Citra Lembaga Pendidikan dengan Motivasi Siswa Memilih Sekolah di SMA Swasta se-Kota Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agus Timan M.Pd (II) Prof. Dr. H. Ali Imron M.Pd. M.Si. Kata Kunci keefektifan publikasi citra lembaga pendidikan motivasi Keefektifan publikasi dalam bauran pemasaran berkaitan dengan pengoptimalan unsur pemasaran yang terdiri dari produk biaya lokasi promosi orang bukti fisik dan proses untuk memperkenalkan keberadaan sekolah agar menarik perhatian publik. Citra lembaga pendidikan terbentuk dari adanya informasi dan fakta-fakta tentang sekolah baik itu positif atau negatif. Citra lembaga pendidikan merupakan aset penting dalam mempertahankan eksistensi sekolah. Terbentuknya citra positif dari adanya keefektifan publikasi akan memberikan daya tarik kepada calon siswa untuk memilih sekolah yang memiliki keunggulan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkatan keefektifan publikasi (2) mengetahui tingkatan citra lembaga pendidikan (3) mengetahui tingkatan motivasi siswa memilih sekolah (4) mengetahui ada atau tidaknya hubungan keefektifan dengan motivasi siswa memilih sekolah (5) mengetahui ada atau tidaknya hubungan citra lembaga pendidikan dengan motivasi siswa memilih sekolah (6) mengetahui ada atau tidaknya hubungan keefektifan publikasi dengan citra lembaga pendidikan dan (7) mengetahui ada atau tidaknya hubungan keefektifan publikasi dan citra lembaga pendidikan dengan motivasi siswa memilih sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan analisis deskriptif-korelasional yang dilaksanakan di SMA swasta se-Kota Malang dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas X. Penarikan jumlah sampel menggunakan proportional random sampling sehingga diketahui sampel dalam penelitian ini ada 332 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari tiga variabel. Setiap variabel dilakukan analisis deskriptif. Selanjutnya kedua variabel bebas yaitu keefektifan publikasi (X1) dan citra lembaga pendidikan (X2) masing-masing dikorelasikan dengan variabel terikat motivasi siswa memilih sekolah (Y) serta dilakukan korelasi secara bersama-sama variabel keefektifan publikasi dan citra lembaga pendidikan dengan motivasi siswa memilih sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket/kuesioner tertutup bentuk checklist. Sebelum instrumen digunakan untuk penelitian terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Apabila angket/kuesioner sudah valid dan reliabel maka dapat dilakukan penelitian. Setelah data dari angket/kuesioner terkumpul kemudian dilakukan pengolahan data dan dianalisis menggunakan metode korelasi berganda. Berdasarkan analisis data diketahui variabel keefektifan publikasi berada dalam kategori tinggi dengan persentase 64 2% untuk variabel citra lembaga pendidikan berada dalam kategori tinggi dengan persentase 63 3% sedangkan untuk motivasi siswa memilih sekolah berada pada kategori yang sedang dengan persentase 55 1%. Hasil uji hipotesis diketahui ada hubungan positif yang signifikan keefektifan publikasi dengan motivasi siswa memilih sekolah citra lembaga pendidikan dengan motivasi siswa memilih sekolah keefektifan publikasi dengan citra lembaga pendidikan dan keefektifan publikasi dan citra lembaga pendidikan dengan motivasi siswa memilih sekolah di SMA swasta se-Kota Malang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa dengan adanya keefektifan publikasi yang optimal maka akan membentuk kesan atau pandangan publik yang baik terhadap sekolah sehingga peluang masyarakat untuk bergabung menjadi siswa di sekolah tersebut cukup besar. Saran yang dapat diberikan yaitu (1) bagi kepala dinas pendidikan sebaiknya dapat memberikan sosialisasi kepada sekolah-sekolah swasta terkait bagaimana manajemen sekolah yang baik guna peningkatan eksistensi sekolah (2) bagi kepala sekolah sebagai pemegang kebijakan dalam meningkatkan kualitas sekolah sebaiknya dapat berkoordinasi dengan baik dengan seluruh staf sekolah untuk melakukan kegiatan publikasi dalam rangka pembentukan citra dan mempertahankan eksistensi sekolah. Publikasi yang dilakukan sebaiknya tidak hanya promosi melalui media cetak elektronik maupun media massa saja namun juga mengoptimalkan unsur produk sekolah biaya yang ditawarkan lokasi/tempat orang bukti fisik dan proses. Unsur proses dalam publikasi sebaiknya sekolah bisa memberikan pelayanan prima kepada pelanggan internal maupun eksternal sekolah yang bertujuan untuk mendapatkan kesan baik di hati masyarakat. Selain itu pada proses pembelajaran sebaiknya kepala sekolah berkoordinasi dengan wakil kepala urusan kurikulum dan seluruh pendidik untuk bisa menyusun pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat (3) wakil kepala urusan humas sebaiknya dalam merancang program humas disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di masyarakat. Selain itu pihak wakil humas sebaiknya juga dapat memberikan informasi yang jelas dan akurat kepada publik agar mereka mendapatkan informasi yang benar tentang sekolah sehingga tidak menimbulkan persepsi yang salah (4) bagi mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan jika tertarik melakukan penelitian terkait dengan pemasaran jasa hendaknya melakukan penelitian yang berbeda dari penelitian yang sudah ada. Hal ini bertujuan untuk memperkaya karya ilmiah di Jurusan Administrasi Pendidikan (5) bagi calon siswa yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya akan lebih baik jika dipertimbangkan sekolah mana yang memang memiliki kualitas baik untuk dipilih (6) bagi orang tua siswa sebaiknya lebih selektif memilihkan sekolah untuk putra-putrinya dengan cara selalu mencari informasi terkait sekolah yang dipilih dan (7) bagi peneliti lain jika ingin melakukan penelitian yang sama sebaiknya dengan menambahkan variabel yang di luar variabel sudah ada atau dapat menggunakan sampel sekolah lain yang jarang atau belum dilakukan penelitian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3732 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |