Pradana, Febri Satya (2015) Pengaruh pelaporan Corporate Social Responsibility (CSR disclosure) terhadap kinerja keuangan perusahaan (studi pada perusahaan yang listing di LQ-45 pada 2012-2013 / Febri Satya Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pradana Febri Satya. 2015. Pengaruh Pelaporan Corporate Social Responsibility (CSR Disclosure) terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Tuhardjo S.E. M.Si. Ak. (II) Drs. H. Sumadi S.E. M.M. Kata Kunci Corporate Social Responsibility Kinerja Keuangan Perbandingan Periode Kinerja Keuangan. Dewasa ini investor individual tertarik terhadap informasi sosial yang dilaporkan dalam laporan tahunan. Untuk itu dibutuhkan suatu sarana yang dapat memberikan informasi mengenai aspek sosial lingkungan dan keuangan secara sekaligus. Sarana tersebut dikenal dengan nama laporan keberlanjutan atau sustainability reporting. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan salah satu bentuk-bentuk sustainability reporting yang memberikan keterangan tentang berbagai aspek-aspek perusahaan mulai dari aspek sosial lingkungan dan keuangan sekaligus yang tidak dapat dijelaskan secara tersirat oleh suatu laporan keuangan perusahaan saja. Kinerja keuangan perusahaan merupakan faktor penting untuk menilai keseluruhan kinerja perusahaan itu sendiri. Dengan semakin meningkatnya kegiatan sosial perusahaan maka perusahaan berharap para Stakeholder akan meyakini bahwa mereka layak diberi penghargaan. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap kinerja keuanga perusahaan. Harapan tersebut berlandaskan bahwa Stakeholder memang menginginkan adanya kegiatan sosial dari segala aspek untuk memuaskan keinginan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat dua hubungan kausal antara variabel independen tunggal dan dua variabel bebas yang akan dianalisis secara terpisah. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif berupa laporan CSR dari sustainability report presentase peningkatan pendapatan dan Market to Book Value dari Indonesian Capital Market Directory. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier. Hasil dari penelitian ini adalah yang pertama terdapat hubungan antara Corporate Social Responsibility dan Peningkatan pendapatan. Semakin banyak jumlah poin Corporate Social Responsibility yang telah diungkapkan oleh perusahaan kedalam sustainability report semakin meningkat pula pendapatan perusahaan. Kedua terdapat hubungan antara Corporate Social Responsibility dan Market to Book Value. Semakin banyak jumlah poin Corporate Social Responsibility yang telah diungkapkan oleh perusahaan kedalam sustainability report semakin meningkat pula Market to Book Value. Ketiga kegiatan sosial yang dilakukan oleh perusahaan dan kemudian dilaporkan kepada para stakeholder meskipun juga memberikan hasil dalam waktu jangka pendek akan memberikan dampak lebih besar dalam waktu yang akan datang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/36961 |
Actions (login required)
View Item |