Pengaruh kepemilikan institusional, ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage terhadap corporate social responsibility pada perusahaan manufaktur yang listing di BEI periode tahun 2008-2011 / Debyan Yolla Samberra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kepemilikan institusional, ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage terhadap corporate social responsibility pada perusahaan manufaktur yang listing di BEI periode tahun 2008-2011 / Debyan Yolla Samberra

Samberra, Debyan Yolla (2015) Pengaruh kepemilikan institusional, ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage terhadap corporate social responsibility pada perusahaan manufaktur yang listing di BEI periode tahun 2008-2011 / Debyan Yolla Samberra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Samberra Debyan Yolla. 2014. Pengaruh Kepemilikan Institusional Ukuran Perusahaan Profitabilitas dan Leverage Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2011 . Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ika Putri Larasati S.E. Mcom (II) Dr Puji Handayati S.E M.M. Ak. Kata Kunci Kepemilikan Institusional Ukuran Perusahaan Profitabilitas Leverage Corporate Social Responsibility Corporate social responsibility adalah kegiatan sosial perusahaan terhadap kelompok-kelompok tertentu seperti karyawan masyarakat sekitar dan lingkungan sebagai akibat kegiatan ekonomi perusahaan. Tujuan perusahaan melakukan corporate social responsibility adalah untuk mendapat legitimasi dari masyarakat citra yang baik dimata stakehoders dan pemenuhan peraturan seperti Undang-undang Nomor 40 tahun 2007 tentang perseroan terbatas. Berdasarkan teori keagenan dan legitimasi maka kepemilikan institusional ukuran perusahaan profitabilitas dan leverage dapat mempengaruhi corporate social responsibility. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepemilikan institusional ukuran perusahaan profitabilitas dan leverage terhadap corporate social responsibility. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang didapat dari data sekunder dari laporan keuangan yang diperoleh berdasarkan publikasi Bursa Efek Indonesia Indonesia Capital Market Directory (ICMD) atau situs perusahaan. Pemilihan sampel ditentukan dengan metode purposive sampling dan menggunakan pool time series sehingga diperoleh sebanyak 26 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2011. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda (multiple regression) dengan program SPSS. Hasil Penelitian berdasarkan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel kepemilikan institusional profitabilitas dan leverage tidak berpengaruh terhadap corporate social responsibility. Variabel ukuran perusahaan menunjukkan hasil yang berbeda yaitu berpengaruh positif terhadap corporate social responsibility. Berdasarkan hasil penelitian saran untuk penelitian selanjutnya adalah untuk mengukur corporate social responsibility tidak hanya menggunakan data atau laporan corporate social responsibility dari perusahaan saja tapi mengamati langsung ke perusahaan yang dijadikan sampel penelitian sehingga akurasi pengukuran variabel corporate social responsibility lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36914

Actions (login required)

View Item View Item