Pengaruh struktur modal, pertumbuhan perusahaan dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor industri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2012 / Nurul Wahyunitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh struktur modal, pertumbuhan perusahaan dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor industri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2012 / Nurul Wahyunitasari

Wahyunitasari, Nurul (2015) Pengaruh struktur modal, pertumbuhan perusahaan dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor industri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2012 / Nurul Wahyunitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wahyunitasari Nurul. Pengaruh Struktur Modal Pertumbuhan Perusahaan Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2012. Skripsi Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Hj. Yuli Widi A. SE. Msi. Ak (2) Diana Tien Irafahmi. SPd. M. Ed. Kata Kunci Teori Signaling Struktur Modal Pertumbuhan Perusahaan Keputusan Investasi dan Nilai Perusahaan Perusahaan dalam menjalankan operasionalnya membutuhkan fungsi manajemen keuangan dalam menggunakandanadanmenempatkandanaperusahaansecaratepat.Tujuan utama fungsi manajemen keuangan yaitu meningkatkan nilai perusahaan di pasar modal agar mampu menarik investor untuk berinvestasi. Struktur modal yang optimal suatu perusahaan adalah struktur yang akan memaksimalkan nilai perusahaan. Peningkatan aset yang dimiliki oleh suatu perusahaan merupakan suatu sinyal yang positif bagi investor sehingga mampu meningkatkan nilai perusahaan. Keputusan investasi merupakan faktor penting dalam fungsi keuangan perusahaan dalam menentukan nilai perusahaan. Penelitian-penelitian terdahulu menjadi kurang relevan karena dipengaruhi oleh krisis keuangan global tahun 2008 sehingga dalam penelitian ini digunakan tahun pengamatan 2009 sampai dengan 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur modal pertumbuhan perusahaan dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan perusahaan sektor industri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2012. Sampel yang digunakan sebanyak 13 perusahaan sektor industri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2012 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Sedangkan untuk uji kelayakan regresi dilakukan uji asumsi klasik dan keseluruhan analisis menggunakan bantuan program SPSS for windows 16.00. Hasil dari analisis data diperoleh bahwa nilai signifikansidari DER adalah 0 009 0 050 dan berarah positif sehingga struktur modal terbukti berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan pada perusahaan. Nilai siginifikansi TAG 0 121 0 050 dan berarah negatif sehingga pertumbuhan perusahaan terbukti tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Nilai signifikansi PER 0 000 0 050 dan berarah positif sehingga keputusan investasi terbukti berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Nilai Adjusted R Square sebesar 0 604 hal ini berarti 60 4% nilai perusahaan dipengaruhi variabel variabel bebas dalam model penelitian ini dan sisanya 39 6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36912

Actions (login required)

View Item View Item