Pengaruh instagram sales promotion content dan corporate reputation terhadap behavioral intention dengan brand image sebagai mediasi (studi pada pelanggan Maskapai Lion Air) / Deshinta Raisa Rahma</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh instagram sales promotion content dan corporate reputation terhadap behavioral intention dengan brand image sebagai mediasi (studi pada pelanggan Maskapai Lion Air) / Deshinta Raisa Rahma</p>

Rahma, Deshinta Raisa (2025) Pengaruh instagram sales promotion content dan corporate reputation terhadap behavioral intention dengan brand image sebagai mediasi (studi pada pelanggan Maskapai Lion Air) / Deshinta Raisa Rahma</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penggunaan media sosial telah merubah perusahaan untuk mulai membangun komunikasi dengan konsumen melalui media sosial. Maskapai Lion Air adalah salah satu perusahaan yang menggunakan Instagram lionairgroup untuk membagikan promosi rute baru pelayanan baru dan sebagainya. Maskapai Lion Air meraih peringkat ke 3 pada data maskapai favorit pilihan warga Indonesia yang dibuat oleh katadata.com meskipun menerima banyak komplain dari konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ldquo Pengaruh Instagram Sales Promotion Content dan Corporate Reputation terhadap Behavioral Intention dengan Brand Image sebagai Mediasi (Studi Pada Pelanggan Maskapai Lion Air) rdquo . Teknik kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini mencakup analisis deskriptif dan eksplanatori. Penelitian ini menggunakan variabel-variabel berikut social media sales promotion content (X1) corporate reputation (X2) behavioral intention (Y) dan brand image (Z) masing-masing sebagai faktor independent dependent dan mediasi. Partisipan dalam penelitian ini adalah konsumen dewasa yang pernah menggunakan jasa Maskapai Lion Air berusia minimal 17 tahun dan merupakan pengikut aktif media sosial akun lionairgroup di Instagram. Dengan menggunakan calculator.net kami dapat memperoleh jumlah sampel sebanyak 384 orang. Instrumen yang digunakan adalah skala Likert 5 poin. Uji validitas dan reliabilitas digunakan dalam pengujian instrumen. Partial Least Square (PLS) dan analisis statistik deskriptif adalah metode yang digunakan untuk analisis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa social media sales promotion content dan corporate reputation berpengaruh terhadap niat berperilaku pelanggan (behavioral intention). Namun jika melalui brand image sebagai variabel mediasi akan menurunkan minat pelanggan untuk loyal terhadap Maskapai Lion Air. Secara teoritis hal ini memperkuat teori Technology Acceptance Model (TAM) yang menjelaskan kemudahan komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan Maskapai Lion Air dalam memperoleh informasi untuk mengambil keputusan. Penelitian ini menjelaskan pentingnya membangun komunikasi antara perusahaan dan konsumen melalui media sosial. Tim pemasaran Maskapai Lion Air menjalankan tugasnya dengan baik melalui keaktifannya dalam menyediakan konten promosi seperti penawaran harga yang menarik diskon dan informasi terkait dengan layanan yang diberikan Maskapai Lion Air. Banyaknya promosi pelayanan yang baik dapat meningkatkan niat berperilaku konsumen baik secara pasif maupun aktif dengan membagikan konten promosi melalui media sosial yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Mar 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/369068

Actions (login required)

View Item View Item