Prasety, Ella Jayahuda (2024) Hubungan karakter semangat kebangsaan dengan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran sejarah Kelas XI tahun pelajaran 2023/2024 di MAN 1 Kota Malang / Ella Jayahuda Prasety</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pentingnya karakter semangat kebangsaan dalam konteks pendidikan di Indonesia telah menjadi fokus penelitian yang menunjukkan bahwa pembentukan generasi yang kuat dan patriotik sangat dipengaruhi oleh pendidikan karakter. Karakter semangat kebangsaan ini tidak hanya mencerminkan sikap individu tetapi juga memperkuat persatuan bangsa memotivasi belajar siswa dan memengaruhi hasil belajar mereka. Penelitian sebelumnya menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara karakter semangat kebangsaan dengan hasil belajar siswa. Fokus penelitian ini adalah untuk memahami hubungan antara karakter semangat kebangsaan motivasi belajar dan hasil belajar dalam konteks pembelajaran sejarah di MAN 1 Kota Malang. Sekolah ini telah menunjukkan prestasi dalam berbagai kompetisi dan menerapkan program moderasi beragama untuk memperkuat nilai-nilai kebangsaan. Namun ada tantangan dalam membentuk karakter siswa sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji korelasi antara karakter semangat kebangsaan dengan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI di MAN 1 Kota Malang serta memberikan manfaat teoritis dan praktis bagi sekolah guru dan siswa dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional untuk mengetahui tingkat hubungan antar variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 1 Kota Malang dengan sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket karakter semangat kebangsaan angket motivasi belajar dan tes hasil belajar sejarah. Angket menggunakan skala Likert untuk mengukur karakter semangat kebangsaan dan motivasi belajar siswa.. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar memiliki kontribusi positif dan signifikan terhadap karakter semangat kebangsaan dengan koefisien 0 117 serta hubungan ini diperkuat oleh nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0 05. Demikian juga hasil belajar juga menunjukkan hubungan positif dengan karakter semangat kebangsaan dengan koefisien 0 121. Uji regresi berganda memperlihatkan bahwa secara simultan motivasi belajar dan hasil belajar berhubungan signifikan dengan karakter semangat kebangsaan. Penelitian ini mendukung pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan semangat kebangsaan serta menggarisbawahi pentingnya pendidikan karakter untuk membentuk individu yang berilmu beriman dan bertanggung jawab. Studi ini juga menyarankan bahwa pembelajaran sejarah yang efektif dapat memperkuat rasa cinta tanah air dan kesadaran nasional siswa yang pada gilirannya dapat berkontribusi pada hasil belajar yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/368707 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |