Habibi, Muhammad Aqib Nur (2025) Pengembangan e-modul tentang perjuangan mempertahankan kemerdekaan 1945-1949 pada tingkat lokal Blitar untuk menunjang hasil belajar dan kesadaran sejarah peserta didik SMA di Kabupaten Blitar / Muhammad Aqib Nur Habibi</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Habibi Muhammad Aqib Nur. 2024. Pengembangan E-Modul tentang Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan 1945-1949 Pada Tingkat Lokal Blitar untuk Menunjang Hasil Belajar dan Kesadaran Sejarah Peserta Didik SMA di Kabupaten Blitar. Tesis. Departemen Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ari Sapto M.Hum. (I) Prof. Dr. Hariyono M.Pd. (II). Kata Kunci E-Modul Sejarah Lokal Mempertahankan Kemerdekaan Blitar. Mata pelajaran sejarah penting untuk diajarkan kepada seluruh peserta didik. Namun pentingnya mata pelajaran sejarah ini belum sepenuhnya didukung dengan baiknya keadaan kegiatan pembelajaran di sekolah. Melalui proses survei kebutuhan awal yang dilakukan misalnya belum terdapat bahan ajar yang secara khusus membahas sejarah lokal mempertahankan kemerdekaan di tingkat lokal Blitar. Berdasarkan hal itu perlu suatu adanya inovasi dalam pembelajaran. Salah satu contoh dari inovasi dalam pembelajaran adalah dengan menciptakan bahan ajar yang bisa bermanfaat bagi guru dan peserta didik untuk belajar dan mempelajari sesuatu. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu menghasilkan suatu produk pengembangan bahan ajar. Bahan ajar yang dihasilkan berbentuk e-modul mengenai sejarah lokal Blitar masa mempertahankan kemerdekaan 1945-1949. Selain itu juga sebagai rasa peduli terhadap sejarah lokal Kabupaten dan Kota Blitar pada masa itu. Model penelitian dan pengembangan yang peneliti lakukan berdasarkan Model 4D yang dikemukakan oleh Thiagajaran dkk. dimana tahap pertama adalah Define tahap mendefinisikan kebutuhan dan potensi yang ada terkait pengembangan mateeri sejarah lokal. Tahap selanjutnya adalah Design tahap merancang desain bahan ajar e-modul berdasarkan data dan informasi yang telah terkumpul sebelumnya. Tahap ketiga adalah Develop tahap dimana e-modul yang telah dirancang kemudian diproduksi lalu divalidasi dan kemudian diujicobakan. Tahap terakhir adalah Disseminate tahap penyebar luasan e-modul yang sudah diujicobakan. Penerapan tahapan penelitian dan pegembangan yang dilakukan disesuaikan dengan kebutuhan peneliti menimbang dikarenakan keterbatasan waktu serta dana yang dimiliki oleh peneliti. E-modul sejarah lokal Blitar yang dikembangkan telah melalui beberapa tahapan validasi dan uji coba. Hasil validasi e-modul pada masing-masing tahap yaitu (1) Persentase validasi yang didapat dari validator ahli materi sebesar 85 22% dan dinyatakan sangat valid. (2) Persentase validator ahli media sebesar 85 71% dan dinyatakan sangat valid. (3) Persentase hasil dari uji coba kelompok kecil sebesar 91 67% di Kelas 12-1 SMAN 1 Talun atau sangat valid 90 5% Kelas 12-3 SMAN 1 Talun atau sangat valid serta 92 75% SMA IT Al-Hikmah Blitar atau sangat valid kemudian persentase uji coba pada tahap kelompok besar 95 28% di Kelas 12-1 SMAN 1 Talun atau sangat valid 91 2% Kelas 12-3 SMAN 1 Talun atau sangat valid dan 91 09% di Kelas 12 SMA IT Al-Hikmah Blitar atau sangat valid. Berdasarkan hasil uji coba di lapangan menunjukkan bahwa bahan ajar sejarah lokal yang dikembangkan memiliki dampak yang positif terhadap hasil belajar dan kesadaran sejarah peserta didik. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil pre-test dan post-test hasil belajar serta adanya peningkatan kesadaran sejarah peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/368664 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |