Purnomo, Helen (2025) Pengaruh model geographical inquiry learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari literasi lingkungan / Helen Purnomo</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan berpikir kritis salah satu tuntunan terbesar dalam dunia Pendidikan. Salah satu alternatif yanag dapat digunakan dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu menerapkan pembelajaran kontekstual. Model Geo-Inquiry merupakan salah satu metode belajar yang dapat meningkatkan kemampuan cara berpikir kritis. Model ini memiliki korelasi yang baik dalam menyesuaikan pembelajaran dengan pola berpikir siswa yang kritis. Model Geographical inquiry bisa dilakukan siswa untuk memahami permasalahan yang ada di lingkungan sekitar melalui interaksi sehingga siswa dapat merumuskan sendiri penemuannya. Sebelum melakukan treatment pada penelitian ini peneliti ingin mengetahui terlebih dahulu mengenai tingkat literasi lingkungan siswa. Pada kegiatan pembelajaran tidak hanya didapat dari suatu lembaga pendidikan akan tetapi juga bisa diperoleh melalui lingkungan sekitarnya. Merujuk kepada pemaparan di atas perlu diterapkan suatu model pembelajaran yang tepat. Maka Tujuan peneliti untuk mengetahui Apakah Terdapat Pengaruh Model Geographical Inquiry Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau dari Literasi Lingkungan. Metode Penelitian ini menggunakan rancangan quasi experimen dengan sampel penelitian kelas XI IPS SMA Srijaya Negara Palembang dengan pemilihan kelas berdasarkan kesetaraan nilai rata-rata PTS. Pengumpulan data menggunakan dua insrumen. Pertama kemampuan berpikir kritis dengan essay dan kedua kuesioner literasi lingkungan. Pengelolahan data dilakukan teknik analisis mulai dari uji normalitas dan homogenitas Uji-t uji two anova dan terkakhir melalukan uji tukey. Kesimpulan dari penelitian ini (1) Model pembelajaran Geographical Inquiry memiliki dampak signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa karena adanya dorongan siswa dalam memecahkan masalaha menganalisis data mengembangkan kemampuan analisis dalam memahami konsep-konsep geografi dan mengkaji permasalahan- permasalahan geosfer. Sehingga siswa akan terbiasa dalam mengasah kemampuan berpikir kritis siswa melalui tahapan-tahapan pembeljaran yang diterapkan. (2) Adanya proses Geo- inquiry menggunakan pembelajaran berbasis masalah lingkungan menggunakan sumber daya lingkungan dan menganalisis konsep-konsep lingkungan. Sehingga meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan analitis siswa dalam memhami dan menyelesaikan masalah lingkungan hidup. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengombinasikan model pembelajaran Geographical Inquiry dengan media pembelajaran yang mendukung dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 May 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/368632 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |