Islami, Miranda (2025) Efektivitas model guided inquiry learning terhadap kemampuan berpikir spasial siswa sebagai penguat literasi kebencanaan / Miranda Islami</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Mitigasi bencana salah satu materi penting dalam pendidikan sekolah khususnya dalam membangun kemampuan berpikir spasial siswa terhadap fenomena geosfer. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan dalam pembelajaran geografi adalah model Guided Inquiry Learning. Model ini memberikan kesempatan kepada siswa melakukan penyelidikan secara mandiri dan mengambil kesimpulan atas bimbingan guru. Kemampuan siswa dalam melakukan penyelidikan terkait memeproleh data atau informasi bencana merupakan bagian dari literasi kebencanaan. Kombinasi hasil pembelajaran geografi dengan model Guided Inquiry Learning dan adanya literasi kebencanaan memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir spasial siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana efektivitas model Guided Inquiry Learning dan literasi kebencanaan terhadap kemampuan berpikir spasial siswa. Penelitian ini berlokasi di SMA Negeri 1 Sungai Pandan yang terletak di Kalimantan Selatan. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Data kemampuan berpikir spasial diperoleh dari nilai gain score yang bersumber dari selisih kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Analisis data menggunakan metode Two Way Anova. Teknik purposive sampling digunakan dalam pemilihan subjek penelitian kelas XI 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI 7 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan (1) Model Guided Inquiry Learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir spasial. Pengaruh model Guided Inquiry Learning disebabkan setiap tahapan pembelajaran menghubungkan setiap sintaks dalam peningkatan kemampuan berpikir spasial. (2) Literasi kebencanaan berpengaruh terhadap kemampuan berpikir spasial siswa. Adanya pengaruh disebabkan respon siswa terhadap tiga indikator literasi kebencanaan dalam membentuk kemampuan berpikir spasial. (3) Adanya interaksi model Guided Inquiry Learning dan literasi kebencanaan terhadap kemampuan berpikir spasial siswa. Interaksi yang terjadi karena penggunaan model Guided Inquiry Learning bergantung pada literasi kebencanaan siswa yang menyebabkan peningkatan kemampuan berpikir spasial. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah agar dapat mengimplementasikan model Guided Inquiry Learning dengan mengintegrasikan teknologi berbasis GIS untuk menambah kebermaknaan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/368559 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |