Literasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah tidak terstruktur (ill-structure problem) ditinjau dari tipe kepribadian introvert dan extrovert / Anggun Gestiani</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Literasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah tidak terstruktur (ill-structure problem) ditinjau dari tipe kepribadian introvert dan extrovert / Anggun Gestiani</p>

Gestiani, Anggun (2025) Literasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah tidak terstruktur (ill-structure problem) ditinjau dari tipe kepribadian introvert dan extrovert / Anggun Gestiani</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Literasi matematis merupakan salah satu aspek penting yang harus dimiliki dalam perkembangan kemampuan siswa. Literasi matematis adalah kemampuan individu dalam merumuskan (formulate) menggunakan (employ) dan menafsirkan (interprete) matematika yang relevan dalam berbagai konteks permasalahan kehidupan sehari-hari di dunia nyata. Literasi matematis dapat membantu individu mengetahui peran matematika di dunia dan membuat penilaian serta keputusan beralasan yang dibutuhkan oleh warga abad 21. Namun pada kenyataannya literasi matematis siswa di Indonesia masih rendah. Hal ini ditunjukkan pada hasil PISA (Programme for International Student Assessment) yang mengalami penurunan tiga tahun terakhir. Banyak faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi matematis siswa salah satunya yaitu kepribadian siswa. Setiap individu mempunyai caranya sendiri saat menyelesaikan masalah sesuai dengan kepribadiannya. Eysenck membedakan kepribadian kedalam dua tipe yaitu introvert dan extrovert. Tipe kepribadian introvert adalah individu yang pendiam pasif pesimis lebih suka bekerja sendirian dan berpikir dahulu sebelum mengerjakan atau cenderung membuat rencana ke depan. Sedangkan tipe kepribadian extrovert adalah individu yang mudah bersosialisasi optimis dan senang bekerja dalam kelompok serta tipe individu yang mengerjakan dahulu sebelum berpikir. Literasi matematis dapat diukur salah satunya dengan memberikan masalah tidak terstruktur. Masalah tidak terstruktur (ill-structure problem) adalah masalah yang tidak memiliki informasi lengkap dan tidak memiliki desain yang terstruktur serta memiliki berbagai jenis solusi. Masalah ini berkaitan dengan situasi kehidupan nyata dan mengharuskan siswa untuk mendefinisikan masalah tersebut menentukan informasi yang dibutuhkan dan mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk menyelesaikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematis siswa dengan tipe kepribadian introvert dan extrovert dalam menyelesaikan ill-structure problem. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pemilihan subjek penelitian didasarkan pada hasil angket tipe kepribadian dan tes literasi matematis. Siswa yang dipilih menjadi subjek penelitian adalah siswa yang memberikan informasi terkait literasi matematis dalam menyelesaiakan ill-structure problem paling lengkap dari masing-masing tipe kepribadian. Terdapat dua siswa yang dipilih menjadi subjek penelitian yaitu satu siswa dari tipe kepribadian introvert dan satu siswa dari tipe kepribadian extrovert. Kedua subjek penelitian selanjutnya diwawancarai berdasarkan hasil tes literasi matematis yang sudah dikerjakan. Instrumen utama pada penelitian ini adalah peneliti sedangkan intrumen pendukung yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket tipe kepribadian soal literasi matematis dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah tidak terstruktur (ill-structure problem) dari masing-masing tipe kepribadian memiliki perbedaan. Literasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah tidak terstruktur (ill-structure problem) dengan tipe kepribadian introvert memenuhi ketiga indikator literasi matematis yaitu formulate (merumuskan) employ (menggunakan) dan interprete (menafsirkan). Siswa introvert sangat teliti dan mempertimbangkan masalah sebelum mengambil keputusan. Sedangkan literasi matematis siswa extrovert dalam menyelesaikan ill-structure problem memenuhi dua dari tiga indikator literasi matematis yaitu formulate (merumuskan) dan employ (menggunakan). Siswa extrovert terburu-buru dan ingin cepat menyelesaikan pekerjaannya sehingga tidak menuliskan dengan lengkap jawaban yang diminta soal. Oleh karena itu siswa extrovert kurang tepat dalam menafsirkan atau membuat kesimpulan.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Mar 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/367358

Actions (login required)

View Item View Item