Rachmawati, Diana (2025) Pengembangan lagu "Aku Pelajar Pancasila" melalui video animasi untuk penguatan akhlak mulia pada anak usia 5-6 tahun di TK Taman Indria 01 Malang / Diana Rachmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Rachmawati Diana. 2024. Pengembangan Lagu ldquo Aku Pelajar Pancasila rdquo Melalui Video Animasi Untuk Penguatan Akhlak Mulia Pada Anak Usia5-6tahun Di Tk Taman Indria 01 Malang. Tesis Prodi S2-Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Imron Arifin M.Pd. (2) Dr. Pramono S.Pd. M.Or. Kata Kunci Lagu Aku Pelajar Pancasila video animasi pendidikan karakter akhlak mulia anak usia dini. Pendidikan memiliki peran strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mewujudkan cita-cita bangsa sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3. Undang-undang ini bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman bertakwa berakhlak mulia sehat berilmu cakap kreatif mandiri dan bertanggung jawab. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran inovatif berupa lagu Aku Pelajar Pancasila gerak lagu dan video animasi cerita pendek untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila dan akhlak mulia pada anak usia 5 ndash 6 tahun. Media tersebut dirancang dengan lirik yang memuat enam dimensi Profil Pelajar Pancasila dikemas dalam format MP3 dengan gerakan sederhana serta dilengkapi visual animasi yang menarik untuk mendukung pembelajaran interaktif. Media ini diharapkan mampu mengembangkan kemampuan motorik kognitif sosial dan karakter anak secara menyenangkan sekaligus menjadi model inovasi pendidikan karakter di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R amp D) dengan pendekatan model ADDIE yang meliputi lima tahapan utama analisis perancangan pengembangan pelaksanaan dan evaluasi. Data kebutuhan dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan pendidik di TK Taman Indria 01 Malang. Validasi media dilakukan dengan melibatkan para ahli di bidang musik gerak video animasi materi pembelajaran serta pengguna media. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa media pembelajaran ini tergolong sangat baik dengan skor rata-rata keseluruhan sebesar 4 89. Penilaian dari ahli musik dan gerak mencapai rata-rata 4 91 ahli video animasi 4 93 ahli materi 4 85 dan pengguna (guru) 4 88. Selain itu tingkat daya tarik media mendapatkan skor maksimal 5 yang menunjukkan bahwa media ini sangat menarik dan sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Melalui kombinasi visual audio dan gerakan sederhana yang menyenangkan anak-anak lebih mudah memahami dan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila. Media pembelajaran ini diharapkan dapat menjadi alternatif inovatif dalam menanamkan nilai-nilai karakter dan akhlak mulia serta memperkuat implementasi Profil Pelajar Pancasila pada anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 04:29 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 04:31 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/367081 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |