Rijal, Moch. Khoirur (2013) Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis moodle di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Moch. Khoirur Rijal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Khoirur Rijal Moch. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Moodle di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Endang Sri Andayani S.E M.Si. AK (II) Sriyani Mentari S.Pd M.M Kata Kunci media moodle e-learning Perkembangan media pembelajaran kearah teknologi yang berbasis komputer telah berpotensi besar dalam merubah cara seseorang dalam belajar. Salah satu media berbasis komputer yang saat ini dikembangkan dan banyak digunakan dalam proses pembelajaran adalah e-learning. E-learning adalah suatu model pembelajaran yang dibuat dalam format digital melalui perangkat elektronik dan terkoneksi dengan internet. Pembuatan e-learning dapat menggunakan salah satu software platform yaitu moodle yang sering digunakan dan mudah untuk dimodifikasi. Fitur-fitur dari moodle dipercaya meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran dengan menggunakan e-learning berbasis moodle untuk materi menyusun laporan keuangan perusahaan dagang. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan yang mengadaptasi langkah-langkah dari Borg Gall. Langkah-langkah yang dilaksanakan adalah analisis kebutuhan awal mengembangkan produk awal validasi ahli revisi produk I uji coba lapangan revisi produk II dan produk akhir. Validasi ahli ahli yang dilakukan adalah validasi materi dan validasi media yang dilanjutkan dengan uji coba lapangan yaitu siswa kelas X AK SMK Muhammadiyah 2 Malang. Data yang diperoleh ada dua jenis yaitu data dari validator dan data dari hasil uji coba. Teknik analisis yang dilakukan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif hasil angket. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah menghasilkan media yang menarik dan membantu siswa dalam belajar dengan memanfaatkan media E-learning berbasis Moodle. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil validasi ahli materi yang dikembangkan adalah 82 35% dan ahli media sebesar 98 07%. Sedangkan dari data uji coba lapangan adalah 86%. Secara umum media pembelajaran dengan memanfaatkan media moodle layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa di sekolah. Tetapi masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi yaitu keterbatasan dari alamat link dalam mengetahui berapa banyak siswa yang telah mengakses link tersebut. Sehingga diharapkan ada tindak lanjut dari peneliti berikutnya. Berdasarkan hasil pengembangan di atas maka disarankan (1) Guru diharapkan dapat menyampaikan materi dengan model yang menarik dan terstruktur melalui pembelajaran media moodle (2) Sekolah hendaknya memiliki wacana baru untuk meningktkan kualitas pembelajaran disekolah (3) Peneliti lain diharapkan melakukan penelitian sejenis sebagai bahan referensi dan pertimbangan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Dec 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/36703 |
Actions (login required)
View Item |