Manasikana, Rabbani Arina (2013) Audit sistem kepastian kualitas produk untuk menilai efektivitas sistem kualitas untuk meningkatkan kepuasan pelanggan (studi kasus PT. Panca Mitra Multi Perdana0 / Rabbani Arina Manasikana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Manasikana Rabbani Arina. 2013. Audit Sistem Kepastian Kualitas Untuk Menilai Efektivitas Sistem Kualitas Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus di PT. Panca Mitra Multi Perdana). Skripsi Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) . Eka Ananta Sidharta S.E. M.M. Ak. (2) Dr. Hj. Endang Sri Andayani S.E. M.Si. Ak Kata kunci Sistem Kepastian Kualitas Efektivitas Kepuasan Pelanggan. Semakin ketatnya intensitas persaingan dalam merebut pasar mendorong perusahaaan untuk memberikan yang lebih kepada pelanggannya dibandingkan dengan apa yang diberikan pesaing. Usaha dan operasional perusahaan terfokuskan kepada keinginan harapan dan kebutuhan pelanggan. Perusahaan menetapkan sistem kualitas untuk produk mereka agar mampu menghasilkan produk yang berkualitas tinggi serta meningkatkan nilai pelanggan sebagai usaha untuk meningkatkan kepuasannya karena salah satu tolak ukur keberhasilan suatu perusahaan adalah tingkat kepuasan pelanggannya atas jasa/produk dari perusahaan tersebut. Untuk mengetahui apakah sistem kualitas yang dimiliki perusahaan mampu memandu semua kegiatan perusahaan sehingga menghasilkan produk dengan kualitas sesuai standar kualitas yang ditetapkan maka dilakukan audit system kepastian kualitas. Dengan dilakukan audit ini perusahaan dapat mengetahui efektivitas system kualitas yang mereka miliki serta dapat mengetahui kelemahannya sehingga dapat dilakukan perbaikan di waktu mendatang Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2013 di PT. Panca Mitra Multi Perdana merupakan penelitian kuantitatif dengan format deskriptif bertujuan untuk menelaskan meringkas berbagai kondisi berbagai situasi atau berbagai variable yang timbul di masyarakat yang menjadi objek penelitian itu berdasarkan apa yang terjadi. Kemudian mengangkat ke permukaan karakter atau gambaran tentang kondisi situasi ataupun variabel tersebut. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara studi lapangan yaitu melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Proses analisis data menggunakan metode analisis kualitatif dengan membandingkan tiga elemen dalam audit manajemen yaitu criteria causes dan effect untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan sistem kualitas perusahaan untuk menghasilkan produk berkualitas sesuai standar yang ditetapkan serta meningkatkan kepuasan pelanggan. Dalam penelitian ini terdapat lima lima klausal dari ISO 9001 2001 yang memberikan referensi tentang sistem kepastian mutu terdiri dari (1) Sistem Manajemen Kualitas (2) Tanggung Jawab Manajemen (3) Manajemen Sumber Daya (4) Realisasi Produk (5) Pengukuran Analisis Dan Peningkatan. Berdasarkan penelitian dapat diketahui bahwa tiga klausal yaitu (1) sistem manajemen kualitas manajemen sumber daya (3) pengukuran analisis dan peningkatan dapat berjalan efektif. Sedangkan untuk tanggung jawab manajemen dan realisasi produk tidak dapat berjalan efektif. Maka penulis memberikan beberapa rekomendasi dan alternative perbaikan untuk dijadikan pertimbangan perusahaan sebagai umpan balik dalam pengelolaan sistem kualitas perusahaan dimasa yang akan dating.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Nov 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/36695 |
Actions (login required)
View Item |