Sari, Arista Fauzi Kartika (2013) Analisis pengaruh faktor internal dan faktor eksternal belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Malang / Arista Fauzi Kartika Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sari Arista Fauzi Kartika. 2013. Analisis Pengaruh Faktor Internal dan Faktor Ekternal Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Sumadi S.E. M.M. (2) Ika Putri Larasati S.E. Mcom. Kata Kunci Faktor Internal Faktor Eksternal Prestasi Belajar Akuntansi. 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran akuntansi di SMA Negeri 6 Malang saat ini kurang tercapai secara maksimal. Penguasaan materi akuntansi yang diajarkan oleh guru juga kurang dapat terserap secara matang oleh siswa. Dalam pembelajaran di kelas siswa kurang memperhatikan apa yang diterangkan oleh guru di kelas. Siswa cenderung mengerjakan aktifitas lain di luar pembelajaran akuntansi yang diberikan oleh guru. Tidak jarang juga siswa yang mengantuk di dalam kelas atau bahkan juga tidur di dalam kelas saat guru memberikan pelajaran akuntansi. Selain itu juga beberapa siswa bosan dan kurang semangat ketika pelajaran. Siswa tidak tertarik dengan apa yang disampaikan oleh guru. Sehingga mereka mengobrol sendiri dengan temannya saat pelajaran berlangsung. Hal tersebut mungkin dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor ekternal belajar 12288 12288 12288 12288 Faktor internal antara lain kondisi kesehatan minat motivasi kesiapan belajar dan intelegensi siswa. Faktor eksternal antara lain faktor keluarga sekolah lingkungan masyarakat. Berdasarkan beberapa hal tersebut maka perlu diuji secara empiris melalui penelitian dengan judul Analisis Pengaruh Faktor Internal Dan Faktor Eksternal Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Malang. Penelitian ini dilaksanakan untuk menjelaskan hubungan secara parsial dan simultan hubungan antara faktor internal belajar faktor eksternal belajar dan prestasi belajar kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research atau penelitian penjelasan. Populasi dari kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Malang sebanyak 130 dan sampel kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 berjumlah 64 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan hasil nilai ulangan harian akuntansi materi laporan keuangan. Analisis menggunakan regresi linier berganda. Hipotesis menggunakan uji t dan uji F serta penentuan determinasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan hasil penelitian adanya pengaruh antara faktor internal belajar terhadap prestasi belajar adanya pengaruh antara faktor eksternal belajar terhadap prestasi belajar dan adanya hubungan antara faktor internal dan faktor eksternal terhadap prestasi belajar akuntansi. Saran untuk penelitian selanjutnya menambahkan sub-variabel faktor internal dan eksternal belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/36661 |
Actions (login required)
View Item |