Pengaruh penggunaan media prezi dalam pembelajaran akuntansi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di MAN 3 Malang / Mei Lisa Hardi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media prezi dalam pembelajaran akuntansi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di MAN 3 Malang / Mei Lisa Hardi

Hardi, Mei Lisa (2013) Pengaruh penggunaan media prezi dalam pembelajaran akuntansi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di MAN 3 Malang / Mei Lisa Hardi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Prezi Pembelajaran Akuntansi Hasil Belajar. Prezi adalah aplikasi untuk presentasi yang berbentuk peta pemikiran atau mind map yang lebih modern dan memiliki fitur lebih banyak dimana teks gambar video dan media presentasi lainnya ditempatkan di atas kanvas presentasi dan dapat dikelompokkan dalam bingkai-bingkai yang telah disediakan. Penyampaian materi dengan tampilan yang menarik akan meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Masalah yang ditemukan pada waktu observasi mengidentifikasikan bahwa tidak ada media dalam pembelajaran akuntansi dan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Persoalan diatas menginspirasikan perlunya dilakukan penelitian penggunaan media prezi pada siswa kelas XI IPS di MAN 3 Malang. Metode dalam penelitian ini menggunakan (1) Rancangan penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan desain kelompok kontrol tidak ekuivalen (Nonequivalent Control Design) (2) Latar dan subjek penelitian siswa kelas XI IPS di MAN 3 Malang dengan jumlah siswa 19 untuk kelas eksperimen dan 20 untuk kelas kontrol (3) Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dari tes yaitu pre tes dan post tes (4) Instrumen penelitian ini menggunakan tes dan kuesioner (5) Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media prezi terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa yang menggunakan media prezi memiliki rata-rata sebesar 29 95 dan siswa yang tidak menggunakan media prezi memiliki rata-rata sebesar 18 80. Selain itu respon sikap siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan media prezi sangat baik dengan presentase sangat tinggi yaitu 42 10% . Kesimpulan penelitian ini yaitu penggunaan media prezi dalam pembelajaran akuntansi meningkatkan hasil belajar siswa. Masih dibutuhkan perbaikan dari segi media dan teknik agar diperoleh hasil yang lebih maksimal. Disarankan guru dapat lebih kreatif dalam menerapkan media pembelajaran karena dengan menggunakan media dalam kelas dapat membuat suasana pembelajaran lebih menyenangkan sehingga menimbulkan motivasi bagi siswa. Penggunaan media prezi ini dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran akuntansi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36650

Actions (login required)

View Item View Item